Aplikasi Bisnis Online

Aplikasi Bisnis Online untuk Pebisnis Pemula

Aplikasi Bisnis Online-Digitalisasi merupakan perihal yang penting bagi sebuah usaha. Terlebih di tengah pandemi semacam saat ini, beralih ke platform digital dapat jadi solusi supaya bisnis bisa bertahan.

Menurut informasi dari salah satu provider telekomunikasi Telkomsel, pemanfaatan program digital oleh UMKM di era pandemi meningkat 15%.

Ini membuktikan pentingnya untuk pelaku UMKM untuk dapat menyesuaikan diri dan memanfaatkan platform jualan online untuk menjual produknya.

Saat ini, sudah ada begitu banyak pilihan aplikasi jualan online yang dapat dipakai. Bentuknya pun berbagai macam dengan keunggulannya masing- masing.

Apakah Kamu baru mulai berbisnis? Jika betul, maka Kalian akan menginginkan beberapa tools berbentuk aplikasi yang akan membantu mempermudah cara kegiatan bisnis Kalian. Bermacam aktivitas bisnis mulai dari mengatur jadwal, mengatur to- do- list, hingga menata perencanaan keuangan dapat dicoba lewat aplikasi- aplikasi yang hadir dengan kecanggihannya masing- masing pada saat ini.

Aplikasi Bisnis Online untuk Para Pelaku Bisnis

1. WhatsApp for Business

 

Aplikasi bisnis berbasis online yang penting merupakan WhatsApp for Business. Salah satu tipe dari aplikasi chat ini bisa menolong Kalian mengendalikan bisnis, paling utama pemula di dunia bisnis. Dengan memercayakan WhatsApp for Business, Kalian dapat mengembangkan bisnis dengan fitur yang ada.

Dengan memakai WhatsApp Business ini, Kalian dapat melakukan komunikasi dengan rekan bisnis dengan mudah, dan profil bisnis makin diyakini. Penggunaannya juga cukup gampang dengan WhatsApp tipe biasa, bahkan desain antar mukanya sama, jadi dipastikan Kalian akan mudah mengoperasikannya.

2. Google My Business

 

Bagi Kalian wiraswasta pemula, aplikasi bisnis berplatform online satu ini perlu dimiliki untuk mensupport usaha Kamu. Salah satu produk dari Google ini akan membantu Kalian menampilkan informasi hal upaya yang dikelola, agar semakin diketahui banyak orang di mesin pencarian.

Aplikasi bisnis satu ini akan membantu Kamu menunjukkan informasi semacam jam operasi, kategori usaha, bahkan alamat usaha Kamu. Menariknya lagi, Google My Business ini dapat menunjukkan respon dari pelanggan. Respon ini dapat jadi materi evaluasi usaha agar lebih baik.

3. Aplikasi Mobile Banking

 

Bicara bisnis pasti ada hubungannya dengan uang, aplikasi bisnis berplatform online selanjutnya yang wajib dipunyai pengusaha pemula merupakan aplikasi mobile banking. Dengan aplikasi ini di smartphone, Kalian tidak butuh lagi repot bolak- balik pergi ke ATM untuk mengecek transfer dari pelanggan ataupun pelanggan.

Tidak hanya itu, Kalian juga dapat menggunakan fitur lain yang disediakan, salah satunya adalah merekap keluar masuknya uang dan aliran uang yang terjadi pada usaha Kamu. Pencatatan yang tersusun rapi di aplikasi mobile banking ini bisa dijadikan acuan untuk membuat konsep finansial kedepannya.

4. Aplikasi Marketplace

 

Selanjutnya adalah aplikasi marketplace, aplikasi satu ini harus Kalian punya jika usaha yang dibentuk adalah bisnis jual beli online. Aplikasi satu ini akan membantu Kamu mempermudah pemasaran ataupun bisnis untuk pengiriman ke luar kota, luar provinsi, hingga luar negeri.

Dengan aplikasi marketplace, pelanggan akan merasa lebih nyaman berbisnis dengan gampang sehingga energi tarik penjualan Kamu lebih besar. Bermacam aplikasi marketplace ada di Indonesia merupakan, Tokopedia, Lazada, Shopee, BliBli, dan masih banyak yang lain.

5. Google Meet

 

Apabila Kamu pelaku bisnis yang mempunyai banyak karyawan yang harus dihandle, pastinya Kalian membutuhkan aplikasi bisnis seperti Google Meet ini. Adanya keterbatasan dan jarak saat ini dengan teknologi dapat memudahkan untuk berbicara.

Aplikasi video call kepunyaan Google ini dapat Kalian manfaatkan untuk berbicara dengan pegawai sampai konsumen yang tidak dapat ditemui karena jarak. Aplikasi ini tersambung langsung dengan akun Google kepunyaan Kalian, sehingga tak butuh lagi membuat akun baru untuk mengakses aplikasi satu ini.

6. Buku Kas

 

Terakhir ada aplikasi Buku Kas yang menolong Kalian dalam mengatur finansial selama berbisnis. Hal ini lumayan penting karena pengelolaan keuangan ialah salah satu pondasi dalam berbisnis. Dengan aplikasi ini, Kalian dapat menulis alur keluar masuk finansial yang terjalin selama berbisnis.

Informasi ini bisa jadi bahan evaluasi para wiraswasta untuk melindungi kestabilan finansial bisnis. Nantinya, tiap bulan juga dapat dijadikan informasi terkait usaha satu bulan ke belakang. Perihal ini akan jadi salah satu evaluasi untuk mengembangkan bisnis di bulan berikutnya.

7. Order Manager

 

Order manager adalah salah satu fitur aplikasi yang diadakan oleh Hubster, yang bisa menolong mempermudah mengintegrasikan seluruh platform aplikasi pemesanan makanan online yang bisnis Kalian gunakan. Dengan menggunakan order manager, Kalian tidak perlu berpindah- pindah device dan dapat menerima orderan makanan ataupun minuman yang masuk secara lebih cepat.

 

 

Itulah beberapa deretan aplikasi bisnis online yang wajib Kalian punya sebelum memulai usaha. Dengan adanya aplikasi- aplikasi berbasiskan teknologi seperti di atas, banyak bisnis yang jadi gampang dikembangkan. Mudah- mudahan Bermanfaat