Aplikasi Warehouse Management System( WMS)

Aplikasi Warehouse Management System( WMS)

Pengertian Warehouse Management System( WMS)

Warehouse Management System( WMS) – Merupakan bagian penting dan kunci dari modul ERP yaitu Supply Chain Managemen.Tujuan utama WMS bisa mengendalikan semua proses yang terjadi dalam gudang mulai dari proses Shipping, Receiving, Putaway, Movement, dan Picking. Tidak hanya itu, WMS juga bisa membagikan fasilitas pemberitahuan lokasi penyimpanan barang berdasarkan jumlah barang dan tipe barang sehingga area penyimpanan di gudang gudang bisa terpakai dengan cara maksimal yang akan mempermudah mengetahui jumlah stok setiap barang.

Konsep Umum Warehouse Management System( WMS)

WMS yang bagus pastinya bisa menata kondisi/ masa setiap barang, sehingga tidak akan terjadi kehilangan yang di sebabkan benda expired. terdapat sebagian rancangan yang wajib di gunakan, yaitu:

– FIFO( First In Firts Out)

Barang yang pertama kali masuk merupakan barang yang pertama kali keluar.

– LIFO( Last In First Out)

Barang yang terakhir masuk merupakan barang yang pertama kali keluar. Contoh: Pasir dan sejenisnya.

– FEFO( First Expired First Out)

Barang yang memiliki masa tenggang atau( expired date) yang cepat harus di keluarkan terlebih
dulu. Contoh: Makanan,Minuman dan Obat- obatan.

Rekomendasi Aplikasi Gudang

 

Inilah sebagian rekomendasi aplikasi stok gudang yang bisa Kamu coba:

1. Inventory Management

Aplikasi gratis ini mempunyai bentuk simpel dan gampang dimengerti, sehingga cocok buat pemula. Fitur utama dari aplikasi ini adalah pencatatan jumlah barang yang akan dijual dan dibeli. Terdapat juga fitur kelola item yang memungkinkan Kamu menambah ataupun menghapus stok barang, dan fitur history transaksi yang akan membantu Kamu memastikan bahwa tidak ada selisih stok atau kesalahan input data.

2. NetSuite WMS

Aplikasi ini membantu konsumen dalam melaksanakan fungsi utama gudang seperti menerima, menyimpan, dan mengirim barang. Kamu bisa memakai kamera hp atau tablet buat scan kode QR, menambahkan foto untuk bisnis, dan membaca kartu pembayaran.

Terdapat juga fitur lain semacam informasi real- time, manajemen pesanan, penagihan, manajemen inventaris, manajemen pengiriman, manajemen tenaga kerja dan beban, peta gudang, pembelian, dll. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang simpel dan sangat gampang digunakan.

3. Fishbowl Go

Aplikasi ini cocok untuk semua dimensi bisnis, mulai dari toko kecil, online shop pribadi, sampai perusahaan besar. Kamu bisa menggunakannya untuk membaca kode barang, mencatat beberapa pesanan sekaligus, mencetak daftar pengepakan untuk menyelesaikan proses pengemasan, memastikan pesanan dikirim ke lokasi yang tepat dan tepat waktu, dan melacak pergerakan produk di dalam gudang dan antar gudang.

Terdapat juga fitur Cycle Count yang bisa digunakan buat menginovasi jumlah produk yang Kamu miliki dengan memasukkan jumlah baru saat Kamu menghitung stok barang secara fisik di gudang. Informasi rinci seperti nomor seri, tanggal kedaluwarsa, suku cadang, dan sebagainya juga bisa Kamu masukkan dalam hitungan detik dengan fitur Part Information.

4. Sortly Pro

Sortly Pro merupakan aplikasi gudang super sederhana yang memungkinkan Kamu melacak item dengan cara visual dengan metode yang lebih intuitif di beberapa lokasi berbeda. Fitur penting aplikasi ini termasuk scan kode QR, scan check- in atau check- out internal, setting peringatan dan pengingat, akses multi- pengguna, melacak aktivitas pengguna, dan impor atau ekspor informasi lewat CSV, PDF, dan Dropbox.

5. Stock Controller

Tersedia untuk iPhone, iPad, dan Mac, Stock Controller adalah aplikasi inventory barang yang dapat dipakai untuk memisahkan item ke dalam berbagai kelompok, mengurutkannya sesuai kategori, dan mengatur stok yang berbeda secara bersamaan. Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi saat stok barang mulai berkurang dan melakukan impor/ ekspor data ke CSV untuk digunakan di PC atau Mac.

Kesimpulan

Mengelola gudang dengan cara manual pastinya akan menghabiskan waktu serta menguras tenaga, bukan?

Belum lagi kesalahan input data barang, perhitungan stok yang tidak sesuai, lalu pengiriman barang yang bisa saja terlambat.

Maka dari itu, muncul bermacam aplikasi wms indonesia yang dapat jadi opsi para pebisnis supaya urusan kelola gudang dapat dilakukan dengan cara gampang dan efisien.

Tinggal kamu sesuaikan aja nih sama kebutuhan dari bisnismu, Terima Kasih mudah- mudahan bermanfaat.