Cara Cek Nama Domain

Cara Cek Nama Domain Masih Tersedia atau Tidak

Markasinfo.com – Cara cek nama domain.- salah satu hal yang perlu wajib ada ketika ingin membuat website yakni domain. Tetapi sebelum Anda menentukan nama domain yang ingin gunakan, Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Apakah nama domain yang ingin Anda gunakan tersedia atau tidak. Jika domain tidak tersedia, Anda bisa menggunakan nama lain, atau Anda bisa mencoba dengan ekstensi lain. Misalkan .com .net .id dan lain sebagainya.

Pada dasarnya hal ini merupakan hal yang sangat sepele, namun jika tidak melakukan hal ini Anda tidak bisa menggunakan nama domain yang Anda inginkan.

Jika memang setelah Anda cek nama domain ternyata domain yang Anda inginkan sudah terpakai tetapi Anda atau perusahaan menginginkan domain tersebut, Anda bisa menghubungi pemilik domain tersebut dan membelinya dengan harga yang sudah sepakat dari kedua belah pihak.

Lalu bagaimana sih cara cek nama domain itu masih tersedia atau tidak? oleh karena itu pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai hal tersebut, berikut penjelasannya.

Cara Cek Nama Domain

Oke, pertama-tama yang perlu Anda siapkan yakni menentukan nama domain. Misalkan pada contoh ini saya menggunakan nama domain jualtanamanhiasjogja.com .

Setelah menentukan nama domain, selanjut yakni memeriksa langsung apakah masih tersedia atau tidak domain tersebut.

Untuk mengeceknya ada banyak sekali layanan yang bisa Anda gunakan, untuk contoh saya menggunakan niagahoster sebagai web untuk melakukan pengecekan domain.

Jadi cara singkatnya Anda mengunjungi website penyedia domain dan Anda memasukan nama domain yang sudah Anda tentukan ke kolom yang sudah tersedia, nanti website tersebut memeriksa apakah domain tersebut masih tersedia atau tidak.

Nah, untuk langkah-langkah lebih rincinya sebagai berikut ini:

  • Pertama Anda bisa mengunjungi website niagahoster lalu dibagian menu atas silahkan pilih menu domain dan cari domain, atau agar lebih mudahnya Anda bisa klik disini
  • Jika sudah berhasil mengunjungi link tersebut, silahkan masukan nama domain yang sudah Anda tentukan sedari awal tadi, saya disini menggunakan nama domain jualtanamanhiasjogja.com, jadi saya memasukan nama domain jualtanamanhiasjogja dan memilih ekstensi domain .com
  • Setelah memasukan nama domain, silahkan klik tombol cek domain, tunggu beberapa saat agar niagahoster memeriksa domain tersebut
  • Jika sudah maka Anda akan dialihkan ke halaman lain dan disitu ada informasi domain tersebut tersedia atau tidaknya
  • Setelah itu silahkan order atau beli domain tersebut, jika domain tidak tersedia Anda bisa mencoba menggunakan ekstensi lainnya, misalkan awal menggunakan .com beriktunya menggunakan .net atau jika tidak Anda bisa mengganti nama domain yang belum digunakan
  • Selesai

Sangat mudah bukan cara memeriksa nama domain apakah masih tersedia atau tidak. Cara ini bisa Anda gunakan secara terus-menerus. Tidak ada batasan untuk memeriksa nama domain.

Oiya selain niagahoster ada juga website penyedia domain lainnya, jadi tidak harus menggunakan niagahoster untuk memeriksa domainnya.

Misalkan ada idcloudhost, idwebhost, dewabiz, hostinger dan lainnya. Anda bisa mencobanya satu persatu mana yang lebih nyaman dan enak untuk memeriksa ketersediaan nama domain.

Kesimpulan dan Penutup

Itu tadi cara yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa apakah domain yang ingin Anda gunakan masih tersedia atau sudah terpakai oleh orang lain.

Dengan cara tersebut Anda jadi bisa memperkirakan nama domain apa yang ingin Anda gunakan. Tidak hanya itu saja, Anda jadi mengetahui berbagai macam ekstensi domain yang tersedia.

Mungkin itu saja pembahasan pada artikel kali ini mengenai cara cek nama domain masih tersedia atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *