Cara Screenshot di Laptop

Cara Screenshot di Laptop Gampang 2021

Markasinfo.com – Cara Screenshot di Laptop Gampang 2021 adalah artikel mengenai cara screenshot di laptop anti ribet dan pasti mudah digunakan untuk pemula.

Screenshot atau tangkapan layar ialah salah satu kegiatan menangkap atau mengambil gambar visual pada piranti keluaran seperti smartphone, laptop, tab, dan komputer. Nah, screenshot menghasilkan gambar tampilan yang berisi screen laptop atau smartphone.

Hampir semua orang sudah mengetahui bagaimana langkah menggunakan screenshot atau menangkap layar pada handphone. Tapi, sebagian orang masih merasa kebingungan dengan cara menangkap layar atau screenshot pada laptop. Penyebabnya adalah sistem pada laptop yang lebih rumit dari sistem yang ada pada smartphone.

Saat ini, banyak orang membutuhkan gambar hasil screenshot untuk digunakan sebagai bukti kehadiran virtual meeting. Contohnya yaitu mahasiswa yang menggunakan gambar screenshot untuk mengisi absensi perkuliahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara screenshot pada laptop.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah screenshot di laptop:

Game-Bar membuat Screenshot Lebih Praktis

Game-Bar merupakan cara screenshot pada laptop yang cukup sederhana. Kok game-bar? emangnya bisa? Eits, jangan salah guys. Game-bar bisa dimanfaatkan untuk screenshot loh. Tapi sebelumnya, pastikan tampilan atau gambar yang akan kamu screenshot. Kemudian, untuk menampilkan game bar tekan tombol berlogo Windows + G. Kemudian klik icon screenshot pada kotak dialog. Layar laptop kamu akan berkedip, dan selesai. Gambarmu sudah tersimpan di Pictures.

Tombol Windows + Volume Bawah Laptop

Nah, kalau yang ini merupakan tips khusus untuk pemakai Microsoft Surface. Langkah atau cara screenshot kali ini sangat mudah karena seperti kamu sedang mengambil tangkapan layar pada handphone. Dimulai dari tekan tombol berlogo Windows di bagian bawah Microsoft Surface kamu dan tekan tombol volume bawah di sisi tablet scara bersamaan. Maka, layar tampilan akan meredup dan tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan pada folder picture.

Tombol Windows + PrtScn Screenshot Layar Penuh

Saat tampilan layar kamu sudah siap di screenshot, tekan tombol berlogo windows (sebelah kiri bawah) + tombol Prtscn. Lalu laptop kamu akan berkedip sekejap untuk memperlihatkan bahwa kamu sudah mengambil tangkapan layar, setelah itu hasil gambar dengan sendirinya akan tersimpan ke folder picture. Perlu diperhatikan, screenshot jenis ini hanya untuk tampilan full layar atau tangkapan dengan hasil layar penuh.

Tombol Alt + PrtScn Screenshot Windows Aktif

Cara ini untuk menyimpan tangkapan layar secara cepat dari Windows aktif. Dengan menggunakan tombol Alt + PrtScn, screenshotr dari Windows aktif akan otomatis tersalin ke clipboard. Setelah itu, kamu perlu menjalankan aplikasi editor atau word untuk menyalin gambar tersebut dan menyimpannya.

PrtScn Tombol Screenshot Paling Mudah pada Laptop

Tombol Print Screen atau ditulis PrtScn adalah button yang paling umum dari dunia tangkapan layar. Dimana saat tampilan layar siap di screenshot, kamu tinggal mengklik tombol PrtScn. Selanjutnya tampilan yang kamu tangkap akan tersalin pada clipboard. Jangan harap ada di folder picture ya, karena pintasan ini tidak langsung menyimpan gambar ke folder. Terlebih dahulu harus kamu salin pada aplikasi ms word atau aplikasi editor lainnya untuk menyimpan hasil dari tangkapan layar tersebut.

Bagaimana? pasti gampang dong ya! begitulah cara screenshot di laptop gampang banget windows 2021. Semoga bermanfaat serta menolong kamu ya gengs! Jangan lupa untuk selalu kepo dengan ilmu ya, goodbye.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *