Processor PC Terbaik

Rekomendasi Processor PC Terbaik Buat Gaming & Video Editing

 

Rekomendasi Processor PCProcessor adalah otak dari sebuah komputer, secara detail pengertian processor merupakan sebuah komponen IC yang bisa mengontrol semua proses yang berjalan pada sebuah sistem komputer dan bisa digunakan sebagai pusat atau otak dan bisa melakukan perhitungan serta menjalankan berbagai jenis tugas. Processor sendiri berada di tengah-tengah motherboard dan di lindungi oleh FAN yang berfungsi buat mendinginkan processor.

Memiliki processor yang bagus dan baik bisa untuk mendukng aktivitas komputasi kalian, mulai dari yang sederhana atau berat sekaligus seperti bermain game dan kegiatan editing yang membutuhkan waktu berjam-jam. Maka dari itu kami akan merekomendasikan Processor PC terbaik yang bisa menjadi pilihan buat PC kalian.

Simak rekomendasinya di bawah ini ya:

1. Processor Intel Core i9-10900K

Intel Core i9-10900K sendiri adalah kunci utama intel dalam CPU dekstop core generasi ke 10, Processor ini memiliki kualitas yang luar biasa dalam hal gaming dan untuk kebutuhan komputasi kalian sehari-hari. Processor ini memiliki sepuluh core hyper-threaded, kecepatan base clock 3.7 Ghz dan juga memiliki cache L3 20 MB.

Kemudian, chip baru ini menggunakan teknologi Turbo Boost 2.0 dengan tujuan mencapai kecepatan Turbo all-core 4,9GHz dan kecepatan Turbo single-core 5,1GHz. Tetapi sayangnya processor intel core generasi ke 10 ini hadir dengan soket terbaru yaitu LGA1200 bukan LGA1151, yang artinya kalian harus menggunakan motherboard terbaru dan dalam paket bawaan intel masih tidak menyediakan kipas pendingin bawaan.

2. Processor AMD Athlon 3000G

Selanjutnya ada processor dengan jenis AMD Athlon 3000G yang di banderol dengan harga di bawah satu jutaan, sehingga sangat cocok buat kalian yang ingin menghemat biaya yang mungkin pas-pasan. Meskipun di banderol dengan harga yang cukup murah namun performa yang di miliki oleh processor ini tidak bisa di pandang sebelah mata.

Dengan performa yang bisa di bilang kencang dan gahar di tambah ada fitur overlock yang bisa membuat performanya tambah lebih tinggi, proses tersebut bisa di lakukkan dengan mudah baik melaui BIOS atau menggunakan piranti lunak bawaan dari AMD. Tetapi agar overlock bisa berjalan di perlukkan motherboard yang kompatibel dan biasanya berbasis B350. Makannya procesor ini mendukung buat bermain game game yang mungkin bisa di bilang berat ya, selain itu processor ini juga di bekali dengan kartu grafis radeon vega 3 graphics yang terintegrasi sehingga tidak perlu lagi kartu.

3. Processor AMD Ryzen 5 3400G

AMD memang kini terus konsisten dalam menyuguhkan varian prosesor andalannya yang dirancang dengan GPU yang terintegrasi, atau yang banyak disebut sebagai prosesor jenis APU. Salah satu processor APU dari AMD yang merupakan peningkatan dari seri yang sebelumnya Ryzen 2400G adalah jenis AMD Ryzen 5 3400G dengan tetap menggunakan VGA Radeon Vega 11.

Peningkata tersebut bisa di lihat salah satunya dari sektor kecepatan clock dasarnya yang lebih tinggi yakni sebesar 3.7 Ghz dan bisa di tingkatkan ke angka 4.2 Ghz. Spek ini membantu kalian bisa bermain game terbaru kelas atas dengan settingan rata tengah. Peningkatan clock speed juga bisa di lakukkan dengan mudah tapi perlu di catat sistem pendinginan juga perlu di tingkatkan agar bisa menjaga suhu tetap aman dan chip bisa bekerja dengan baik. Nah selain memiliki kipas dan kartu grafis processor ini juga di bekali dengan TDP 65W dan frekuensi sebesar 1400Mhz dengan graphics core 11 inti. Tidak ketinggalan juga, AMD Ryzen 5 3400G sudah hadir dengan memboyong sistem pendingin bawaan berjenis AMD Wraith Spire untuk kian memuluskan performanya saat bekerja keras.

4. Processor AMD Ryzen 7 3700X Matisse AM4

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, kebutuhan untuk edit foto dan video menjadi kian tinggi. Biasanya, kebutuhan akan photo and video editing tersebut diperuntukkan bagi berbagai macam kebutuhan, mulai dari hiburan, pekerjaan, kegiatan komersil, dan lain sebagainya.

Processor dengan 8 inti dan 16 utas ini memiliki kecepatan clock dasar mulai dari 3.6 Ghz yang bisa terus di tingkatkan sampai ke angka 4.4 Ghz dan selain itu processor ini cocok di padukan dengan kartu grafis AMD Radeon RX 5700 yang bisa menciptakan kecepatan frame pada kisaran 60 Fps. Duet maut antara processor dan katu grafis ini mampu menciptakan performa yang sangat bagus, belum lagi AMD menunjangnya dengan cooler stock wraith prism RGB. Tak heran,pengguna komputer, terutama gamers, kepincut dengan kehebatannya. Selain untuk proses olah grafis, prosesor ini juga maksimal ketika dipakai bermain game, termasuk yang kelas berat dengan settingan ultra.

5. Processor Intel Core i9 9900KF

Yang terakhir ada jenis processor intel core i9 9900KF, yang merupakan processor handal kelas atas yang di berikan intel buat menunjang kegiatan komputasi yang sangat membutuhkan pekerjaan berat. Processor yang di racik dengan performa yang ciamik ini bisa membantu kegiatan komputasi sehari-hari kalian tanpa kendala lag dan lainnya. Mulai dari mengedit foto dan video, melakukan pekerjaan harian, hingga bermain game, semuanya bisa kamu lakukan dengan prosesor satu ini.

Dengan performa processor inti 8 dan utas 16 ini di tunjang dengan keberadaan kecepatan clock dengan max turbo frequency sampai pada kisaran 5 Ghz, baik yang menggunakan overlocking secara manual atau multi-core enhacement yang di sediakan motherboard. Processor ini juga memiliki 16 MB smart cache dan TDP sebesar 95W, sehingga memilih processor besutan intel ini adalah pilihan yang bijak. Meski harganya tergolong tinggi, tapi performa yang ditawarkan tidak main-main. Maklum saja, karena Intel Core i9 adalah tingkat tertinggi prosesor Intel saat ini.

 

Itulah beberapa uraian yang kami sampaikan buat kalian mengenai Rekomendasi Processor PC Terbaik Buat Gaming & Video Editing , Sekarang kalian tidak akan bingung lagi ketika akan menentukan memilih processor yang pas buat PC kalian. Semoga Bermanfaat