Mind Map

5 Aplikasi Untuk Membuat Mind Map Secara Gratis

Aplikasi Untuk Membuat Mind MapDalam zaman serba digital ini, pembuatan mind mapping sudah bisa dicoba secara digital pula. Alhasil, sudah tidak perlu lagi menggunakan metode tradisional. Alasannya, saat ini telah banyak aplikasi untuk membuat mind map secara gratis yang tersebar di Google. Alhasil, pembuatan mind mapping bisa menggunakan teknologi digital sepenuhnya.

Mind mapping memang jadi tata cara pemetaan ide yang lumayan efisien sejak dulu, paling utama dalam dunia pendidikan. Sudah banyak para akademisi yang memakai metode mind mapping ini untuk membuat media pembelajaran dan presentasi. Alhasil, adanya aplikasi gratis dalam pembuatan mind map pastinya akan lebih mempermudah.

Aplikasi untuk Membuat Mind Map Secara Gratis

Sebenarnya, saat ini sudah banyak aplikasi yang muncul untuk membuat mind mapping. Tetapi, ada sebagian aplikasi yang wajib berbayar. Walaupun sedemikian itu, ada pula beberapa aplikasi gratis yang bisa dipakai untuk membuat mind mapping. Sehingga, dapat lebih fleksibel untuk dipakai.

Ikuti beberapa aplikasinya di bawah ini:

1. Canva

Aplikasi pertama adalah Canva. Canva jadi salah satu aplikasi terpopuler saat ini, alasannya banyak template gratis yang bisa dipakai di Canva. Tidak hanya itu, template yang diadakan juga lebih dari 8000 template. Kemudian, para konsumennya juga bisa mengedit balik template itu sesuai selera. Dalam aplikasi Canva, ada pula sebagian template mind map yang bisa dipakai. Ketiklah mind map di kolom pencarian Canva. Setelah itu, akan muncul ratusan atau ribuan template yang bisa diedit kembali.

2. Coggle

Aplikasi berikutnya adalah Coggle. Aplikasi ini membolehkan konsumennya untuk membuat mind map dan flow chart. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur kerja sama tim. Alhasil, dapat membetulkan mind map ataupun flow chart bersama dengan tim kerja. Salah satu fitur yang paling menarik adalah mind map serta flow chart ini bisa diunduh dalam berbagai format, ialah PDF, TXT dan JPEG. Tidak hanya itu, bentuknya juga tidak terlalu rumit untuk dipakai dan dioperasikan oleh para pendatang baru.

3. SimpleMind Lite

SimpleMind Lite ialah aplikasi untuk membuat mind map secara gratis yang berikutnya. Ada bermacam macam fitur yang bisa dipakai secara gratis, tanpa iklan serta pendaftaran terlebih dulu. Dalam aplikasi SimpleMind Lite ini terdapat beberapa konsep dan template mind map yang menarik. Semuanya bisa diakses dan digunakan secara free tanpa perlu berlangganan akun premiumnya.

4. GitMind

Selanjutnya adalah aplikasi bernama GitMind. Aplikasi ini ialah sebuah aplikasi online yang memungkinkan konsumennya untuk membuat mind map dalam bermacam kebutuhan secara gratis. Mulai dari presentasi, membuat pemetaan ide, media penataran dan sebagainya. GitMind juga menyediakan fitur yang lumayan menarik, yaitu membolehkan penggunanya untuk menyimpan hasil kerjanya. Terdapat sebagian format yang disediakan, mulai dari JPEG, PDF, sampai dengan PNG.

5. Sketchboard

Aplikasi terakhir merupakan Sketchboard. Aplikasi ini berbentuk seperti papan tulis, namun digunakan secara online. Alhasil, bisa dipakai untuk memetakan ide dalam wujud mind mapping. Aplikasi ini bisa diakses secara free dan dapat pula melakukan kerja sama tim secara online.

 

Penutup

Pada intinya, banyaknya aplikasi pembuatan mind mapping yang tersebar di Google jadi keuntungan tersendiri untuk beberapa golongan. Walaupun begitu, perhatikanlah terlebih dulu apakah aplikasinya gratis ataupun berbayar. 5 aplikasi untuk membuat mind map secara free di atas bisa jadi saran apabila berniat untuk memakai aplikasi mind map. Mudah- mudahan Bermanfaat