Aplikasi Database

7 Aplikasi Database Gratis Alternatif PhpMyAdmin

 

Aplikasi Database – phpMyAdmin adalah aplikasi website untuk mengatur database MySQL dan database MariaDB dengan lebih mudah lewat antarmuka( interface) grafis. Aplikasi website ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. Fungsi phpMyAdmin adalah untuk membagikan efisiensi bagi para developer website ataupun web developer untuk menggunakan seluruh perintah ataupun tulisan yang dituliskan dalam bahasa SQL yang sudah ada didalamnya.

PhpMyAdmin sendiri cukup terkenal digolongan para developer website, berikut ini adalah beberapa keunggulan phpMyAdmin yang membuatnya lumayan terkenal digolongan developer website:

 

  1. – Tersedia antarmuka berplatform website yang mempunyai fitur lengkap dan mudah dipakai.
  2. – Tersedia fitur import database
  3. – Tersedia fitur export database ke berbagai bentuk semacam CSV, SQL, XML, PDF, ISO atau IEC 26300, spreadsheet excel, word, serta lainya
  4. – Tersedia fitur untuk mendesign database.
  5. – Membuat perintah query kompleks dengan fitur Query- by- example( QBE)

 

Namun diantara keunggulan yang di punya oleh phpMyAdmin itu nyatanya ada sebagian kekurangan dari phpMyAdmin antara lain ialah phpMyAdmin hanya mensupport database MySQL dan Maria DB. hal itu dirasa cukup jadi permasalahan untuk para developer perangkat lunak khususnya website pengembang dimana pada beberapa permasalahan project terkadang client meminta untuk memakai basis data lain tidak hanya MySQL dan MariaDB sehingga para pengembang wajib memutar otak mereka untuk mencari pengganti lain pengganti phpMyAdmin untuk membantu menunjang pekerjaan mereka.

7 Aplikasi Database Gratis Pengganti PhpMyAdmin

 

1. DBManager

DBManager adalah aplikasi yang sangat powerful untuk manajemen data. Aplikasi ini mensupport buat MySQL, PostgreSQL, Interbase atau Firebird, SQLite, DBF tables, MSAccess, MSSQL Server, Sybase, Oracle serta mesin database ODBC. DBManager terdapat 2 tipe, ialah Standart dan Enterprise. Kita bisa menentukannya sesuai keinginan. Untuk yang tipe standar benar- benar fungsional dan ada beberapa fitur mutahir yang tidak dimiliki aplikasi lain untuk manajemen database, sebaliknya untuk tipe enterprise ialah produk menguntungkan, meskipun terhitung murah dibandingkan dengan produk yang ada dipasar tetapi untuk fitur- fiturnya tidak kalah canggihnya.

2. dbForge Studio

dbForge Studio merupakan suatu tools manajemen database MySQL yang sediakan satu set komplit alat buat manajemen server dan administrasi. dbForge Studio pula menawarkan tools untuk database development, administrasi dan SQL query. Kombinasi fitur yang bagus membuat dbForge Studio jadi opsi yang sempurna buat database developer serta administrator bahkan sesuai juga untuk pendatang baru.

3. HeidiSQL

HeidiSQL sangat ringan, dengan bentuk interface yang berplatform windows untuk database MySQL. Kita bisa menelusuri dan membetulkan data, membuat dan mengedit bagan, views, procedures. Kita juga dapat export struktur dan informasi baik ke file SQL, clipboard atau ke server lain.

4. MyDB Studio

MyDB Studio mempunyai tools yang lengkap serta sangat bermanfaat untuk administrasi server MySQL. Beberapa fitur MyDB Sanggar:

  • – Export database ke tabel XML, Excel, Word
  • – Support foreign key
  • – Mengoptimalkan tabel dengan auto- detect support
  • – Memperbaiki tabel dengan Table Doctor
  • – Execute single atau multiple query dalam SQL editor
  • – Hasil export di XML, Excel, Word, CSV
  • – Create instant Create query
  • – Create instant SELECT query
  • – Create instant Delete query

5. MySQL Workbench

MySQL Workbanch adalah suatu tools untuk melakukan manajemen pada database MySQL dalam wujud GUI. Fungsi MySQL Workbench sendiri adalah buat menyediakan DBA dan development tools buat:

  • – Database Design& Modeling
  • – SQL Development( menggantikan MySQL Query Browser)
  • – Database Administration( menggantikan MySQL Administrator)

6. Navicat for MySQL

Navicat for MySQL adalah tools MySQL yang powerful buat administrasi dan database development. Navicat for MySQL bertugas dengan MySQL database server dari tipe 3. 21 atau diatasnya, dan mendukung fitur- fitur terbaru semacam MySQL Trigger, Stored Procedure, Function, Event, View, Manage User, serta lain- lain.

7. Adminer

Adminer adalah suatu tools manajemen database berplatform website yang cukup simpel tetapi powerfull. Tidak hanya bisa dipakai pada database MySQL nyatanya Adminer ini telah mensupport beberapa pangkalan data lain semacam Oracle, SQL Lite, PostgreSQL serta MS SQL. Untuk menginstall Adminer ini kamu tidak perlu menyisihkan ruang yang besar pada pc kamu dikarenakan Adminer ini hanya terdiri dari satu file saja dengan ukuran kurang dari setengah Mega. Fungsi fungsi pada adminer ini nyaris sama pada phpMyAdmin tetapi pada adminer ini tidak ada fitur untuk design database.

 

Mungkin itu saja dari kami mengenai 7 Aplikasi Database Gratis Alternatif PhpMyAdmin, pilihan alternatif di atas semuanya adalah aplikasi yang sudah sangat terkenal dan mempunyai kualitas yang mumpuni. Semoga Bermanfaat