Panduan Memainkan Drum

Beberapa Tips dan Panduan Memainkan Drum

 

 

Panduan Memainkan DrumDalam dunia musik ada beberapa alat yang di sebut sebagai peralatan untuk membikin sebuah musik dan kali ini kami akan membahas alat musik yang bernama drumset. Drum adalah salah satu alat musik yang memiliki fungsi memberikan tempo dalam suatu lagu atau karya musik terutama pada musik populer. Alat ini memiliki peran yang sangat penting dalam ansamble combo atau ansamble musik lainya.

Memahami cara bermain drum yang baik dan benar memang penting di lakukkan sebagai dsasar buat kalian yang menginginkan karier sebagai pemain drum atu penabuh drumset. Maka dari itu buat pemula di sarankan buat belajar secara tekun teknik dan cara bermain drum sehingga bisa memahami ritme, Untuk kalian yang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang drummer maka kalian harus memahami cara bermain drum yang tepat dan sesuai ritme.

Simak beberapa saran di bawah ini:

 

1. Mengenali Peralatan Drum Secara Lengkap

Sebelum membeli drum atau memainkan drum maka sebaiknya kalian melakukan riset terlbih dahulu, riset ini di lakukan agar kalian bisa memahami aspek apa saja yang akan kalian temui di dalam satu set alat musik drum. Secara mendasar, satu set drum dilengkapi dengan snare, tom, floor tom, crash, hi hat, ride, serta kick bass. Namun jika kalian sudah menemukan cara memainkan bass yang sesuai dan ingin melakukan eksplorasi, kalian bisa menambahkan alat musik perkusi lainnya.

2. Pilih Stik Drum Yang Tepat

Selain mengenal apa saja yang ada di drumset kalian juga perlu memilih ukuran stik drum yg tepat ketika akan belajar memainkan drum. Jenis stik drum ini juga bermacam-macam dan pastikan kalian melakukan riset dulu. Biasanya buat stik drum pemula bobotnya lebih ringan dari biasanya dan ini akan memudahkan kalian dalam belajar memainkan drum menggunakan pergelangan tangan. Sehingga bisa menjaga momentum dan ritme dengan mengayun nah jika kalian sudah merasa percaya diri maka kalian bisa memilih ukuran dengan bobot stik yang lebih berat.

3. Menjaga Postur Tubuh Dengan Baik

Terbiasa dengan menjaga postur tubuh dengan baik juga merupakan langkah yang bisa kalian lakukan ketika belajar drum, Hal ini penting karena di atas panggung nanti sebagai pemain drum kalian harus duduk terus-menerus dalam waktu yang cukup lama. Meskipun terkesan tidak akan terasa pegal, postur tubuh yang baik akan memudahkan sendi dan pergelangan kalian agar bisa menemukan cara memainkan drum yang lebih baik dan efisien, sehingga kalian tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga secara berlebihan yang bisa membuat lelah.

4. Memahami Ritme

Bermain drum dengan baik dan benar bisa menimbulkan nada yang berkesan dan indah, langkah berikutnya yang kalian perlu lakukan adalah dengan memahami ritme saat bermain drum. Drum menjadi kunci ketukkan yang menjaga harmonisasi lagu maka dari itu kalian perlu mempelajari ritme dan ketukkan yang ada di drum. Kalian bisa mulai dengan seperempat ketukan, laltu seperdelapan ketukan Selain itu, latih teknik ritme lainnya seperti downbeat.

Setelah memahami ritme ketukkan maka mulai gabungkan permainan snare,kick dan hi hat. Hi hat juga bisa menjadi acuan tempo buat kalian dalam menemukan cara memainkan drum yang tepat dan efisien, dalam belajar memainkan dengan langkah ini pastikan kalian menggunakan metronom agar bisa mengikuti ketukkan dengan tepat dalam tiap tempo yang berbda-beda.

5. Lakukkan Sticking Di Waktu Luang

Sticking ini biasanya di lakukkan sebagai sarana pemanasan dalam cara memainkan drum buat pemula, selain itu sticking juga bisa membantu otot pergelangan tangan kalian menjadi terbiasa dan kuat bertahan di waktu bermain drum yang cukup lama. Pastikan buat melakukan sticking di waktu luang kalian dan kalian bisa membeli sticking pad drum agar tidak merusak stick drum atau permukaan drum. Pastikan untuk membeli sticking drum pad yang berkualitas tinggi agar tahan lama, ya.

 

Demikian dari kami mengenai Beberapa Tips dan Panduan Memainkan Drum, pahami dan lakukan langkah-langkah yang telah kami uraikan di atas dengan baik agar kalian bisa dengan cepat memahami cara bermain drum yaaa. Semoag bermanfaat