Komponen Sepeda Motor yang Harus Diganti Secara Rutin

Komponen Sepeda Motor yang Harus Diganti Secara Rutin

 

Komponen Sepeda Motor-Sepeda motor adalah kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia juga dunia secara global. Sepeda motor sendiri ialah pengembangan dari sepeda konvensional yang telah digunakan oleh manusia sebelumnya. Sejarah motor dimulai pada tahun 1868 dimana Michaux ex Cie yang merupakan perusahaan sepeda pertama di dunia memulai pengembangan mesin uap yang manfaatkan sebagai tenaga penggerak sepeda.

Sepeda motor sendiri menjadi kendaraan yang mudah di jangkau oleh masyarakat saat ini karena harga yang relatif terjangkau dan penggunaan bahan bakarnya dinilai cukup hemat sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatannya. Kalian pasti setuju bahwa sepeda motor yang kalian naiki juga memerlukan beberapa perawatan secara berkala. Terdapat beberapa komponen atau suku cadang pada sepeda motor yang mempunyai masa kedaluwarsa atau tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

 

Setidaknya ada beberapa komponen sepeda motor yang perlu diganti secara berkala, yaitu:

 

1. Oli Mesin

Oli pada mesin mempunyai mempunyai peranan paling penting untuk sepeda motor kalian, oleh karena itu pemilik sepeda motor wajib menggantinya secara berkala dan rutin karena oli bekerja dan berperan sebagai pelumas mesin bagian dalam kendaraan. Idealnya oli mesin di ganti dengan batasan paling maksimal 4 bulan sekali atau ketika sudah menempuh jarak 4.000 KM. Namun perlu diperhatikan, penggantian oli turut didasarkan pada kondisi jalan atau jarak yang ditempuh bahkan kondisi cuaca atau lingkungan sekitar.

2. Oli Gardan

Oli transmisi atau oli gardan motor matic juga harus diganti secara berkala. Pada penggunaan normal, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 12 ribu km atau 12 bulan sekali. Apabila pemakaian berat atau (motor) selalu dipakai jarak jauh, lebih bagus jika durasinya dipercepat. “Coba ganti dengan perbandingan 2:1

3. Busi

Busi adalah komponen yang berfungsi sebagai pemantik api agar pembakaran pada mesin kendaraan bekerja, dan apabila busi sudah kotor atau melewati batas jarak pemakaian maka perlu di ganti. Waktu yang tepat untuk mengganti busi adalah ketika sudah memasuki jarak tempuh sekitar 6.000 Km atau sekiranya ketika sudah dua kali mengganti oli mesin.

4. Air Radiator

Air radiator adalah sistem pendingin cairan yang menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor, perangkat tersebut memiliki fungsi sebagai penjaga kondisi mesin agar tetap stabil. Dari pabrikan, menganjurkan pergantian berkala cairan air radiator sesuai buku pedoman dilakukan tiap 12.000 kilometer (km) agar sistem pendingin selalu bekerja secara optimal.

5. Kanvas REM

Selanjutnya komponen yang ada di sepeda motor adalah kanvas REM, komponen ini biasanya d ganti jika indikator ke ausan yang dipasangkan didalam mekanisme rem telah menunjukkan ke ausan, atau dengan jarak tempuh sekitar 20.000 km tergantung dengan cara berkendara dan kondisi jalan.

6. Saringan Udara

Atau filter udara mempunyai fungsi yang cukup penting buat menunjang ke awetan komponen mesin kendaraan, terutama komponen yang berhubungan dengan sistem pembakaran pada piston,cylinder comp,ring piston dan lainnya. Jika saringan udara tidak di ganti atau di periksa secara rutin maka akan menyebabkan komponen pada sistem pembakaran menjadi cepat aus dan perbaikkannya lumayan mahal karena harus di lakukkan over houl di atas mesin dan saringan udara perlu di ganti ketika sudah menempuh jarrak 16.000 Km.

7. Ban Kendaraan

Ban yang sudah aus mengakibatkan daya cengkraman terhadap jalan berkurang, apalagi ketika hujan. Untuk memeriksa keausan ban luar, bisa dilihat dari indikator keausan ban yang terdapat pada alur ban tersebut. Indikator tersebut biasanya disematkan di alur ban sejajar dengan tanda segitiga pada samping ban luar. Pilih ban baru yang sesuai rekomendasi pabrikan dan jangan menggunakan ban bekas meski kondisinya terlihat masih bagus. Penggantian rutin pada ban kendaraan memungkinkan kalian berkendara dengan aman dan nyaman.

 

Demikian beberapa uraian dari kami mengenai Komponen Sepeda Motor yang Harus Diganti Secara Rutin, dengan penggantian komponen secara rutin maka kalian sudah termasuk orang yang mengutamakan keselatan diri kalian dan menjadi bagian dari seseorang yang mencintai kendaran bermotor yang kalian miliki. Semoga Bermanfaat