Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Download)

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Download)

Profil Pelajar Pancasila-Yuk simak, pada pertemuan kali ini mimin akan membahas Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Download) 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini di susun untuk membantu pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam mengembangkan projek penguatan profil pelajar pancasila. Melalui panduan ini di harapkan menjadi salah satu sumber informasi yang bisa dirujuk oleh pendidik dalam merancang dan melaksanakan projek profil pelajar pancasila.

Panduan ini memuat prinsip-prinsip ,komponen,tahapan,kriteria output di setiap tahapan perencanaan,dan pelaksanaan projek, strategi dan contoh pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila pada pembelajaran paradigma baru. Sebagai salah satu sumber informasi,penjelasan mengenai strategi,contoh dan format dalam panduan ini hanya merupakan contoh, bukan sesuatu yang harus di ikuti sepenuhnya. Pendidik bisa menggunakan rujukan, strategi dan format lain untuk merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila, selama hasil yang di harapkan memenuhi kriteria output pada setiap tahapan dan memenuhi prinsip pembelajaran dan asesmen yang sudah di tetapkan oleh kemendikbudristek-dikti tentang satuan pendidikan penggerak dan SMK pusat keunggulan.

Projek penguatan profil pelajar pancasila adalah upaya untuk mencapai profil pelajar pancasila dengan menggunakan pembelajaran paradigma baru, maka dari itu pemahaman mengenai profil pelajar pancasila dan pembelajaran paradigma baru perlu di upayakan. Selain informasi dari panduan ini, pendidik bisa mempelajari kedua konsep tersebut dengan mengakses dokumen terkait lainnya.

Sekilas Mengenai PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

Profil pelajar pancasila di rancang untuk menjawab satu pertanyaan besar yaitu ” Pelajar Dengan Profil Kompetensi seperti apa yang di ingin di hasilkan oleh sistem pendidikan indonesia “.

“Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.”

 

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci.
Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh

membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial. Keenam dimensi tersebut adalah:

1 Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

2 Berkebinekaan global.

3 Bergotong royong.

4 Mandiri.

5 Bernalar kritis.

6 Kreatif.

 

 

Perlunya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, antiradikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya.

 

Memecahkan masalah dunia nyata penting bagi orang dewasa, dan juga anak-anak. Agar anak-anak dapat memecahkan masalah dunia nyata, kita harus mempersiapkan mereka dengan pengalaman (pengetahuan) dan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan zaman. Dalam upaya mempersiapkan peserta didik agar mampu mengembangkan kompetensi tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

 

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah suatu tema menantang. Dan Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan produk dan/atau aksi.

 

 

Prinsip-prinsip Kunci Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

1. Holistik

Holistik bermakna memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah. Dalam konteks perancangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kerangka berpikir holistik mendorong kita untuk menelaah sebuah tema secara utuh dan melihat keterhubungan dari berbagai hal untuk memahami sebuah isu secara mendalam.

2. Kontekstual

Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian. Melalui Prinsip ini mendorong pendidik dan peserta didik untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran.

3. Berpusat pada Peserta Didik

Prinsip berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri. Pendidik diharapkan dapat mengurangi peran sebagai aktor utama kegiatan belajar mengajar yang menjelaskan banyak materi dan memberikan banyak instruksi. Sebaliknya, pendidik sebaiknya menjadi fasilitator pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan bagi peserta didik untuk mengeksplorasi berbagai hal atas dorongannya sendiri.

4. Eksploratif

Prinsip eksploratif berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata pelajaran.

 

 

Manfaat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan ruang bagi semua anggota komunitas satuan pendidikan untuk dapat mempraktikkan dan mengamalkan Profil Pelajar Pancasila.

Untuk satuan pendidikan

  • Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi dan keterlibatan masyarakat.
  • Menjadikan satuan pendidikan sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya.

Untuk pendidik

  • Memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan Profil Pelajar Pancasila.
  • Merencanakan proses pembelajaran projek dengan tujuan akhir yang jelas.
  • Mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.

Untuk peserta didik

  • Memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif.
  • Berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan.
  • Mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengerjakan projek pada periode waktu tertentu.
  • Melatih kemampuan pemecahan masalah dalam beragam situasi belajar.
  • Memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar mereka sebagai salah satu bentuk hasil belajar.
  • Menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil pencapaian yang telah diupayakan secara optimal.

 

Untuk selengkapnya kalian bisa download File PDF Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila : KLIK DISINI

 

Nah mungkin itu saja yang bisa mimin berikan secara lengkap mengenai Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Download), Semoga Bisa Bermanfaat