Panduan Teknik Penilaian Formatif Untuk SMP

Panduan Teknik Penilaian Formatif Untuk SMP (2022/2023)

Panduan Teknik Penilaian Formatif Untuk SMP-Halo sobat pendidikan, pada kesempatan kali ini kami akan membahas Panduan Teknik Penilaian Formatif Untuk SMP (2022/2023). Panduan Teknik Penilaian Formatif Untuk SMP ini bisa bapak/ibu guru jadikan untuk referensi dalam memberikan penilaian bebasis kelas. Pendidikan saat ini bertujuan buat mengahasilkan insan indonesia yang cerdas dan kompetitif, insan yang di maksud adalah lulusan yang memiliki sikap,pengetahuan dan ketrampilan yang optimal sesuai dengan taraf perkembangan dan jenjang pendidikan masing-masing. Selain itu lulusan di harapkan memperoleh kecakapan abad ke 21 yang mempu menjadikan setiap insan indonesia hidup dalam tantangan abad ke 21 dan berkontribusi secara memadai terhadap pengembangan peradaban dunia.

Kecakapan yang di maksud mencakup kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, berinovasi dan berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Lulusan juga di targetkan mempunyai literasi digital di samping kecakapan hidup lainnya seperti fleksibilitas dan adabtabilitas, produktivitas dan akuntabilitas dan kepemimpinan serta tanggung jawab.

Buku Panduan Teknik Penilaian Formatif Untuk SMP Edisi Terbaru

 

  1. Pertama, guru merancang pembelajaran berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa, misalnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap awal mereka.
  2. Kedua, guru memfasilitasi siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta kecakapan-kecakapan lainnya melalui kegiatan pembelajaran aktif baik di dalam maupun di luar kelas.
  3. Ketiga, selama pelajaran berlangsung, guru bersama-sama dengan siswa memantau/mengecek perkembangan penguasaan kompetensi siswa untuk mengetahui apakah setiap siswa mencapai penguasaan sebagaimana diharapkan, dan apakah proses pembelajaran perlu perbaikan (penyesuaian).

 

Apabila pemantauan kemajuan penguasaan kompetensi menunjukkan bahwa setiap siswa telah mencapai kemajuan yang ditargetkan secara optimal, proses pembelajaran dapat dilanjutkan tanpa perlu adanya perbaikan/penyesuaian. Apabila sebaliknya, guru perlu melakukan perbaikan (penyesuaian) terhadap proses pembelajaran yang telah dirancang untuk memastikan bahwa setiap siswa mencapai kemajuan yang maksimal. Kegiatan guru (bersama-sama dengan siswa) memantau/mengecek kemajuan penguasaan kompetensi yang diikuti dengan upaya perbaikan dan/atau penyesuaian kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi setiap siswa mencapai penguasaan yang diharapkan disebut penilaian formatif (formative assessment) atau yang juga disebut penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning). Setiap guru profesional perlu melakukan penilaian formatif dengan baik karena untuk memperoleh informasi dari pemantauan kemajuan penguasaan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran yang menjamin pencapaian optimal bagi setiap siswa.

Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik Penilaian Formatif

 

Buku Penilaian Berbasis Kelas/Teknik Penilaian Formatif untuk sekolah menengah pertama ini disusun untuk memberi inspirasi kepada guru SMP dalam melaksanakan penilaian formatif yang menyatu dengan pembelajaran yang di sajikan. Secara singkat dalam buku ini disajikan konsep penilaian formatif yang disertai contoh yang di ambilkan dari praktik sehari-hari agar gutu memiliki pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam melaksanakan penilaian formatif.

 

Buku Penilain Berbasis Kelas Teknik Penilaian Formatif Kelas Untuk SMP ini Secara Ringkas Menguraikan Konsep Dan Pelaksanaan Penilaian Formatif

 

  1. Pertama adalah pengertian,tujuan,prisnsip-prinsip penilaian formatif,hubungan antara penilaian formatif dan pembelajaran. Cakupan dan berbagai acam teknik penilaian formatif dan pemberian umpan balik oleh guru.
  2. Kedua adalah teknik dan contoh penilaian formatif untuksikap,pengetahuan,ketrampilan, kecakapan belajar siswa dan kesesuaian materi serta metode pembelajaran yang di gunakan guru. Uraian singkat setiap conth teknik penilaian formatif mencakup pengertian,tujuan,contoh operasional,prosedur, analisis hasil dan umpan balik serta tindak lanjut.
  3. Ketiga perencanaan pembelajaran dan penilaian formatif dijelaskan untuk memberi gambaran bagaimana guru merencanakan pembelajaran dan penilaian formatif dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

 

Berikut lin download File PDF Panduan Teknik Penilaian Formatif Untuk SMP (2022/2023) : KLIK DISINI

 

Demikian yang bisa kami uraikan buat kalian mengenai Panduan Teknik Penilaian Formatif Untuk SMP (2022/2023), Semoga Bisa Bermanfaat