Aplikasi Project Management

7 Aplikasi Project Management Yang Sangat Membantu

 

Aplikasi Project Management – Jika kalian seseorang project manager yang baru berkerja di bidang ini, maka selamat! Kalian akan mengalami banyak sekali pekerjaan untuk memantau dan menanggulangi segala keruwetan yang mungkin terjalin di project kalian.

Jangan khawatir Tentunya semua bisa ditangani jika kalian mengetahui aplikasi project management yang tepat untuk membantu kalian melewati seluruh keruwetan ini. Aplikasi project management juga dapat menyatukan teman- teman tim dan bahkan bertukar pikiran langsung tanpa harus mengganggu work- life balance.

Penasaran dengan apa saja aplikasi yang bisa membantu pekerjaan kalian lebih‘ melegakan’ dan tidak ruwet

1. Asana

Baik pemula ataupun senior, Asana sudah diketahui oleh project manager sebagai salah satu aplikasi yang harus dipahami. Di Asana, kalian tidak hanya menciptakan kanban board atau pun papan yang bisa digunakan untuk memindah- mindah project. Namun juga berkomunikasi secara real time sehingga tidak perlu buka aplikasi lain untuk menghubungi kawan kerja kalian. Bentuknya yang bagus mempermudah visualisasi pekerjaan dengan baik. Tidak ada lagi task list yang berantakan.

2. Trello

Bentuk Trello yang simpel dan to- the- point menjadikannya aplikasi project management yang sangat terkenal! Salah satu pemakaian Trello yang penting adalah melihat sejauh mana pekerjaan telah dilakukan dan efektivitas pegawai. Kalian bisa langsung memantau pekerjaan masing- masing pegawai dengan melihat apa yang digarap hari itu ataupun terkait project tertentu. Tidak perlu ribet.

3. Slack

Slack bisa jadi pengganti untuk aplikasi project management. Slack membantu membuat ruang dialog agar tidak terlalu banyak WhatsApp group yang mengganggu rutinitas pegawai. Slack juga bisa diintegrasikan dengan Trello, Asana, hingga reminder untuk saling melakukan report harian, loh!

4. Zoho Project

 

Sesuai buat project dengan banyak tim, Zoho Project mempunyai tampilan yang amat impulsif meskipun free. Asiknya lagi, Zoho Project bisa membantu membuat Gantt Chart yang minimalis namun powerful. Ada pula timesheets dan template laporan yang pasti sangat menghemat waktu kalian, bukan?

5. Wrike

Jika kalian baru ingin mengawali pekerjaan project manager dan masih memegang tim kecil, nggak ada salahnya berpindah ke Wrike. Aplikasi ini terbatas buat 5 orang, namun fiturnya jangan ditanya. Integrasi dengan Google Drive, Dropbox, dan iCal ditambah dengan penyimpanan sampai 2Gb membuat Wrike jadi opsi yang pas. Apalagi seluruhnya itu gratis, Sob!

6. Taiga. io

Walaupun bentuknya serupa dengan beberapa aplikasi project management sebelumnya, namun Taiga. io mempunyai templat mode seperti scrum, kanban, dan masih banyak lagi. Ini menjadikan Taiga. io favorit para pekerja metode scrum. Nggak ketinggalan bentuknya yang lebih minimalis bikin Taiga betul- betul straight to the point. Opsi pas buat kalian yang nggak neko- neko!

7. Orangescrum

Masih bicara soal scrum serta agile aplikasi development. Orangescrum akan pas buat project manager yang menggunakan tata cara scrum karena mempunyai variasi bentuk beraneka ragam mulai dari Gantt Chart hingga kelompok tugas. Orangescrum tampak lebih advance dari opsi yang lain, tetapi tidak masalah bila kalian terbiasa dengan metode scrum ataupun bahkan seorang scrum master.

 

Penutup

Itulah 7 aplikasi project management yang bisa kalian maanfaatkan untuk mengoptimalkan project kalian. Jangan lupa, sebagai seseorang project manager kalian juga wajib memastikan sumber energi yang digunakan efisien, irit, dan tepat guna. Mudah- mudahan beberapa saran dari kita bisa berguna untuk kamu yaa, sampai bertemu di postingan berikutnya. Terima Kasih