Aplikasi Monitoring Jaringan

8 Aplikasi Monitoring Jaringan Komputer

Aplikasi Monitoring-Apa itu“ monitoring jaringan”. Monitoring jaringan merupakan suatu aktivitas atau kegiatan untuk memonitor atau memantau atau menganalisa jaringan yang telah terimplementasi atau berjalan. Tujuan dari monitoring, untuk mengetahui situasi fitur atau traffic yang terdapat pada jaringan. Suatu aplikasi monitoring jaringan muncul, untuk buat menolong memantau sistem jaringan atau infrastruktur jaringan.

Sebagai ilustrasi, pada suatu perusahaan mempunyai 1000 perangkat jaringan yang sudah terinstallasi dan tidak menggunakan aplikasi, untuk monitoring perangkat. Kemudian suatu waktu, 5 dari 1000 perangkat itu hadapi down, perihal ini akan menyulitkan pekerja jaringan pada perusahaan itu, jika tidak menggunakan jaringan monitoring tools.

Aplikasi Monitoring Jaringan Pc atau biasa disebut Network Monitoring System( NMS) mempunyai banyak fungsi, antara lain:

– Untuk mengenali kondisi perangkat apa saja yang up( hidup) ataupun down( mati)

– Memantau berapa besaran traffic yang melalui pada suatu perangkat( router, server, atau fitur yang lain).

– Memonitor resource perangkat seperti, ram, cpu, storage, dan lain- lain.

– Membuat atau mendokumentasikan mapping atau jaringan diagram dalam bentuk visual

– Membantu proses troubleshooting.

– Memberikan alert atau pemberitahuan jika terjalin suatu permasalahan.

– Dan masih banyak fungsi fungsi yang lain.

 

Aplikasi Monitoring Jaringan Pc atau Aplikasi Monitoring Jaringan

1. The Dude

Salah satu aplikasi untuk memantau jaringan adalah The Dude. Aplikasi The Dude ialah Aplikasi Desktop Gratis dari Mikrotik, yang bisa kalian maanfaatkan untuk monitoring perangkat jaringan. Tidak hanya bisa dipakai buat monitoring, tools ini pula ada service ssh, telnet, webfig, atau winbox untuk melaksanakan remote ke fitur. Meski aplikasi ini dari Mikrotik, bukan berarti cuma bisa digunakan untuk monitoring khusus perangkat Mikrotik saja.

2. Just For Fun Network Monitoring System( JFFNMS)

JFFNMS bisa kalian maanfaatkan buat monitoring jaringan. Aplikasi ini berbasis web atau website based, jadi kalian perlu menyediakan Web Server terlebih dahulu. Untuk Web Server yang butuh kamu install bebas bisa menggunakan Xampp, Lampp, Nginx ataupun Web Server yang lain. JFFNMS lebih cocok dipakai untuk memantau bandwidth.

3. WhatsUp Gold

Sama seperti aplikasi The Dude, WhatsUp Gold bisa dipakai untuk jaringan LAN, MAN ataupun WAN. Tetapi untuk memakai program ini kalian perlu membayar license. Program ini mensupport seluruh brands. Sebagian perusahaan besar memakai aplikasi ini untuk memantau jaringan pc perusahaan mereka.

4. Cacti

Cacti ialah aplikasi monitoring jaringan berbasis web dan sifatnya gratis atau open source. Aplikasi Cacti support Windows serta Linux. Untuk penggunaannya sendiri, dicoba dengan metode menginstall atau mempersiapkan Web Server terlebih dulu. Untuk jenis Web Server yang perlu kalian siapkan bebas, bisa Xampp, Lampp, ataupun Web Server yang lain.

5. Solarwinds NPM

Sama semacam The Dude, Solarwinds mempunyai fitur auto discover untuk menambahkan perangkat yang akan dimonitor. Solarwinds NPM, ialah aplikasi monitoring jaringan berbasis web. Perangkat lunak ini berbayar, Tetapi kalian juga bisa maanfaatkan trial selama 30 hari. Program ini mirip mirip dengan WhatsUp Gold serta The Dude.

6. Pandora FMS

Pandora FMS merupakan aplikasi monitoring berbasis web, yang bisa memantau fitur jaringan dan memantau sistem operasi. Bisa dipakai untuk memantau dari 1 sampai 1000 perangkat.

7. Netmonk

Netmonk, merupakan NMS kreasi anak bangsa. Aplikasi ini bisa dipakai untuk memonitor status fitur yang ada pada suatu jaringan. Fungsi Netmonk mirip dengan The Dude, cuma saja berbasis web.

8. Zabbix

Zabbix ialah open source monitoring server( gratis), yang bisa kalian maanfaatkan untuk memantau perangkat jaringan. Untuk pemakaian zabbix, hanya bisa diinstall pada sistem pembedahan linux( ubuntu, red hat, debian, dan lain- lain). Program ini berbasis web, alhasil membutuhkan Web Server. Untuk Web Server yang bisa dipakai berdasarkan pengalaman dan instruksi web resmi hanya support Apache dan Nginx.

Kesimpulan

Jadi begitulah daftar aplikasi monitoring jaringan pc yang kakak informasikan. Untuk saran salah satu aplikasi NMS untuk monitoring yaitu The Dude. Sebaliknya untuk NMS berbayar kakak menyarankan untuk memakai Solarwinds ataupun WhatsUp Gold. Microsoft Network Alat pemantau.

Fungsi NMS ialah untuk mengabadikan jaringan yang sudah terimplementasi, sekalian memantau situasi ataupun traffic yang lagi berjalan. Mudah- mudahan postingan ini mudah dipahami, dan bisa kalian jadikan referensi buat memilih NMS yang akan kalian gunakan. Mudah- mudahan Bermanfaat