Jenis Mobil Sesuai Fungsinya

Beberapa Jenis Mobil Sesuai Fungsinya Yang ada di Indonesia

 

Jenis Mobil – Mobil adalah kendaraan roda empat yang digerakkan dengan tenaga mesin dengan bahan bakar bensin atau solar yang mempunyai bentuk tertentu. Mobil sendiri berfungsi sebagai alat transportasi, yaitu menghantar benda/barang dan juga manusia ke tempat tujuan dengan bantuan bahan bakar minya maka mobil bisa bergerakan kemana saja sesui arahan pengemudi. Mobil sendiri di buat dengan bahan baku logam seperti besi ,baja,alumunium hingga serat karbon di beberapa bagiannya , oleh karena itu sebuah kendaraan roda empat atau mobil memiliki bobot yang cukup berat.

Jenis-jenis mobil di dalam dunia otomotif semakin banyak dengan berkembangnya zaman dan teknologi, hal inilah yang kadang membuat kita sebagai pembeli tidak begitu memperhatikan sisi fungsional dari jenis-jenis mobil yang ada di pasaran. Berikut adalah jenis-jenis mobil sesuai fungsi dan kegunaannya, buat kalian yang baru ingin membeli mobil maka hindari membeli tanpa tujuan ya. Karena nantinya kalian mungkin bisa kewalahan dari segi finansial.

Berikut uraian lengkapnya mengenai jenis-jenis mobil dan fungsinya, simak di bawah ya:

1. Sport Utility Vehicle (SUV)

Pertama adalah jenis mobil SUV yang cenderung banyak di pilih oleh masyarakat indonesia saat ini, secara eksterior dan penampilan keseluruhan mobil jenis SUV ini adalah perpaduan antara jeep dan sedan. Mobil SUV banyak di minati karena fungsinya yang bisa di gunakan dalam berbagai medan termasuk cassual offroad. Mobil 4 x 4 adalah salah satu jenis mobil yang di beri label mid-size SUV, dengan di lengkapi 4WD (4wheel drive) ataub biasa di sebut dengan sistem penggerak yang mengeluarkan tenaga pada 4 roda sekaligus.

Maka dari itu mobil jenis SUV di anggap tangguh dan memiliki body yang cukup besar,meskipun begitu mobil SUV memiliki kekurangan pada efisiensi bahan bakar dan harga yang cenderung mahal. Contoh mobil SUV : adalah Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Toyota Fortuner hingga Suzuki Ignis.

2. Multi-Purpose Vehicle (MPV)

Berikutnya ada jenis mobil MPV yang sama-sama di minati di pasaran indonesia, pada mobil MPV tentu merupakan jenis mobil yang di pakai untuk mereka yang memiliki keluarga banyak, karena mobil MPV ini jenis mobil keluarga. Memiliiki ground clearance yang cukup tinggi yaiutu di atas 200 mm, membuat mobil ini di jadikan pilihan selain mobil jenis SUV.

Hal ini di karenakan mobil MPV mampu memberikan kenyaman dan ke amanan bagi penumpang, terutama saat berjalan di daerah yang bergelombang dan hal lainnya yaitu mobil jenis MPV cukup terjangkau dengan fitur teknologi yang mengikuti. Kebanyakan mobil MPV saat ini dibekali dengan sistem SRS Airbag dan infotainment yang menarik untuk menjamin kenyamanan penumpang. Menariknya juga mobil MPV diniali sebagai mobil yang cukup irit bahan bakar. Contoh mobil MPV adalah : Toyota Avanza, Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Toyota Sienta.

3. Mobil Crossover

Mobil jenis crossover adalah gabungan dari SUV dan hatchback, mobil ini di gabungkan buat memunculkan sisi kepraktisan pada sebuah kendaraan, jika pada mobil SUV kita tahunya dengan lebih besar dan gagah. Namun terkadang terasa kurang leluasa ketika di gunakan di perkotaan dan sedangkan ketika melihat hatchback memang pas secara body tetapi cukup rentan buat di gunakan di jalan yang bergelombang, maka dengan hadirnya jenis crossover bisa menjawab permasalahan tersebut.

Desain yang dikedepankan pada hampir seluruh mobil crossover adalah sisi aerodinamisnya, ini menunjukan bahwa mobil crosssover mudah buat manuver dan praktis ketik di gunakan dalam perkotaan. Selain terlihat lebih compact mobil ini juga di hadirkan dengan berbagai fitur infotainment sampai fitur safty yang nyaman dan rata-rata jenis mobil ini di lengkapi dengan fitur penggerak AWD. Contoh mobil crossover yang ada di indonesia: Xpander Cross, Chevrolet Trax, Nissan Juke dan Mazda CX-3.

4. Mobil Hatchback

Mobil dengan jenis Hatchback adalah salah satu mobil yang paling banyak di minati oleh pemuda indonesia baik pria maupun wanita, pasalnya dengan tampilan yang aerodinamis dan simple membuat mobil jenis hatchback mudah digunakan dalam perkotaan. Hampir setiap mobil hatchback yang beredar di lenkapi dengan fitur VSC (vehicle stability control), fitur tersebut mampu membuat pergerakan mobil tetap stabil terutama saat melintasi daerah perkotaan yang rawan lubang.

Kelemahan dari mobil ini adalah ground clearance yang di miliki tidak terlalu tinggi tetapi handling dari mobil ini terasa lebih ringan karena bentuk body yang ringan juga. Mobil jenis hatchback di bagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu: LOW,MEDIUM DAN COMPACT hatchback, meskipun terbilang kecil tetapi mobil ini tetap di lengkapi dengan bagasi kok. Contoh mobil hatchback yang ada di indonesia : Honda Brio, Suzuki Baleno Hatchback, Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda 2, dan Honda Civic. dll.

5. Mobil Jenis Sedan

Berikutnya ada mobil jenis sedan yang di kenal sebagai mobil yang memiliki bagasi tersendiri di belakang, mobil ini memang tidak diperuntukan buat penumpang. Nah kalau SUV berfokus pada untilitas maka berbeda dengan sedan yang berfokus pada kenyamanan dan kesetabilan berkendara. Biasanya juga mobil jenis sedan di gunakan sebagai mobil balap yang sering mendapatkan berbagai modifikasi.

Jenis mobil sedan merupakan V yang didesain minimalis dengan kenyamanan tinggi dan daya tampung berkisar 5 orang. Tipe mobil ini biasanya memiliki bodi yang pendek dan memanjang yang membuatnya akan terlihat mewah dan anggun. Bahkan, jenis mobil sedan sudah cukup lama menjadi pilihan favorit kebanyakan orang. Contoh mobil sedan yang beredar di indonesia : Honda Civic Turbo, Toyota Corolla Altis, Toyota Vios, Toyota Camry dan Mazda 6.

 

 

Demikian beberapa uraian sederhana dari kami mengenai Beberapa Jenis Mobil Sesuai Fungsinya Yang ada di Indonesia, dengan mengetahui jenis-jenis mobil sesuai fungsinya maka kalian sekarang sudah tidak bingung lagi yaa, ketika akan membeli sebuah mobil buat membantu keperluan harian kalian. Semoga Bermanfaat