cara kerja investasi

Cara Kerja Investasi Saham, Obligasi Dan Peer To Peer Lending

Markasinfo.com – Cara kerja investasi berbeda beda sesuai dengan jenis investasi apa yang Anda pilih, misalnya investasi saham, obligasi, forex dan lain-lain. Kenapa Anda harus memahaminya?, tentu sangat penting untuk Anda agar bisa memperoleh keuntungan dari modal awal.

Sebagai contoh sederhana perhatikan perumpamaan berikut. Anda memiliki uang sekitar 1 juta lalu dan hanya disimpan saja pada lemari. Lalu jika Anda menyimpan nya selama 20 tahun, maka uang Anda tentunya akan tetap 1 jt , tidak bertambah sepeserpun.

Namun berbeda hasilnya jika Anda menggunakan uang 1 jt tersebut untuk investasi peer to peer lending. Anda akan mendapatkan bunga sebesar 18% pertahun dan jika Anda hitung selama 20 tahun maka Anda bisa mendapat keuntungan 6,2 jt bersih.

Jadi dengan berinvestasi Anda bisa menabung untuk masa tua, walaupun masih kurang untuk dana pensiunan. Tetapi setidaknya Anda bisa menghasilkan uang yang besar dari modal yang ada saat ini untuk dinikmati pada masa tua nanti. Sekarang mari kita bahas cara kerja investasi mulai dari saham, lalu obligasi, dan sebagainya.

Cara Kerja Investasi Saham

Dalam berinvestasi saham, Anda harus mempunyai mental uang investasi Anda anggap saja loss. Karena dalam saham bisa saja untung besar ataupun rugi besar, tergantung kepada cara Anda bermain saham. Jika Anda paham dan ahli pada saham maka tidak perlu terlalu khawatir karena Anda bisa mempelajari trend pasar saham, namun cara ini sangat melelahkan.

Lalu jika Anda tidak ahlipun sebenarnya tidak masalah asalkan Anda bisa bersabar dalam jangka waktu yang lama. Jadi cara kerja investasi saham seperti ini, Anda membeli lot saham sama dengan Anda memiliki kontribusi dalam kepemilikan perusahaan, walaupun hanya sedikit.

Lalu seiring berjalan nya waktu jika harga lot saham yang Anda miliki naik, maka Anda bisa menjualnya dan mendapatkan profit dari penjualan lot saham Anda. Selain itu Anda juga bisa tetap menyimpannya menjadi milik Anda, dan menunggu dividen dari perusahaan tersebut pada setiap tahun nya. Yang dimaksud dengan dividen adalah keuntungan perusahaan yang didapat selama satu tahun dan dibagikan kepada para pemilik saham.

Cara Kerja Investasi Obligasi

Investasi obligasi memiliki arti dalam bentuk sederhana nya adalah pemberian pinjaman kepada perusahaan atau pemerintah, dan uang Anda akan dikembalikan beserta bunganya. Investasi jenis ini adalah investasi yang paling aman, bahkan untuk pemula sekalipun. Namun hasilnya tidak akan sebesar investasi saham.

Cara Kerja Investasi Reksa Dana

Ketika Anda memiliki reksa dana maka Anda terhitung memiliki investasi saham dan obligasi, namun dikelola oleh pihak lain. Investasi ini adalah salah satu jenis investasi yang aman dan memiliki resiko kecil. Untuk Anda yang pemula reksa dana adalah pilihan yang tepat karena Anda dapat memiliki kedua jenis investasi tersebut dengan dikelola oleh pihak lain.

Jadi resiko kerugian Anda akan semakin minim, namun sama seperti saham saja Anda bisa mendapatkan loss. Oleh sebab itu setiap investasi harus menunggu moment yang tepat untuk menarik dana Anda. Jangan kaget jika Anda mengalami loss, tapi biarkan saja sampai harganya naik kembali.

Investasi Peer To Peer Lending

Investasi ini sangat unik dengan sistem investasi yang baru, artinya sama seperti Anda meminjamkan modal kepada umum. Pada investasi ini lebih mirip dengan obligasi Anda meminjamkan uang tapi tidak memiliki hak kepemilikan terhadap usaha yang Anda modali. Dan perlu Anda ketahui juga keuntungan investasi jenis ini hanya untuk jangka pendek, misalnya 6 bulan, 12, sampai 24 bulan. Untuk informasi lebih lengkap tentang peer to peer lending akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *