Cara Menggunakan Vlookup

Cara Menggunakan Vlookup Mudah pada Excel

Markasinfo.com – Cara Menggunakan Vlookup Mudah pada Excel, vlookup adalah satu rumus yang memudahkan kamu untuk mengambil data dari suatu nilai dari tabel. Rumus Vlookup merupakan Rumus excel yang dipakai untuk mengambil sesuatu nilai dari tabel sumber( tabel lain) yang akan dijadikan rujukan kedalam tabel yang tengah dianalisa. Rumus Vlookup ini sangat terkenal sebagai rumus dasar yang wajib kamu pelajari bila kamu bertugas dengan program excel.

Cara Menggunakan Vlookup. Pemakaian Rumus Vlookup bisa dijadikan sebagai solusi pada saat kita kesusahan dalam pemakaian fungsi IF dengan banyak kondisi dan patokan. dari banyak kondisi itu kita bisa buatkan satu tabel sebagai rujukan, yang kemudian kita dapat ambil nilainya memakai fungsi Vlookup. secara tidak langsung Fungsi vlookup bisa kita maanfaatkan untuk mengatasi kelemahan fungsi If yang cuma bisa menampung 64 kondisi saja.

Cara Menggunakan Vlookup Rumus

Syntax

=VLOOKUP( lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)

Penjelasan:

VLOOKUP= Fungsi atau Rumus Vlookup untuk mengambil informasi dengan cara vertical( vertical lookup).

lookup_value= merupakan nilai yang akan dicocokan dengan nilai yg terdapat pada table_array.

table_array= merupakan tabel sumber yang akan didapat informasinya.

col_index_num= merupakan no kolom yg terdapat pada table_array

range_lookup= Tata cara pencarian dalam table sumber yang bernilai TRUE bisa kamu tulis“ 1” ataupun FALSE bisa kamu tuliskan“ 0”

Cara Menggunakan Vlookup

Pemakaian Rumus vlookup excel

Pada tabel diatas kita diharuskan untuk mengisi kolom pendapatan dan tambahan dengan mengambil informasi pada table array atau tabel sumber memakai Rumus Vlookup. dari tabel diatas kita bisa analisa terlebih dahulu saat sebelum menuliskan formula untuk kolom gaji dan bonusnya. Cermati gambar dibawah ini, saat sebelum memakai Vlookup yang sangat penting ialah kita wajib memahami metode artikulasi informasinya terlebih dulu.

Cara Menggunakan Vlookup

Lookup_value wajib terletak paling kiri pada tabel array dan pada permasalahan ini merupakan kolom golongan yang nilainya akan dicocokan.

Column_index_number

metode membacanya diawali dari kolom paling kiri ke kanan. dari gambar diatas bisa kita pahami kalau Kolom Golongan merupakan Column_index_number

yang ke 1, Kolom Gaji merupakan Column_index_number yang ke 2, dan kolom Bonus merupakan Column_index_number yang ke 3.

Range lookup merupakan tata cara pencarian informasi, nilainya TRUE ataupun FALSE. bila kita gunakan FALSE artinya jika informasi pada tabel array tidak ditemukan ataupun tidak terdapat yang sesuai maka akan ditampilkan error N atau A( exact match), jika kita gunakan TRUE maka pada saat informasi tidak ditemui maka akan diperlihatkan nilai terdekatnya( approximate match).

Penanganan Permasalahan Cara Menggunakan Vlookup:

Taruh pointer pada cell“ J24“

Tuliskan Formula=VLOOKUP(

Masukan Lookup value yakni cell”

I24” sebab kolom golongan sebagai referensi atau nilai yang akan dicocokan dengan kolom golongan pada tabel array.

Blok tabel array C24: E26, supaya referensinya tidak berganti saat autofill kita bisa kunci ataupun absolutkan memakai shortcut F4, Refensinya jadi$C$24:$E$26. jika kamu belum tahu paham dengan uraian cell absolut bisa kamu pelajari penguncian cell pada materi sebelumnya.

Sebab kita akan memuat kolom gaji maka column_index_Number merupakan kolom yang ke 2, tuliskan nilai 2.

Gunakan Range_lookup dengan type FALSE ataupun 0.

Secara komplit formulanya merupakan=VLOOKUP( I24,$C$24:$E$26, 2, FALSE)

Tekan Enter untuk melaksanakan formula. gunakan autofill ataupun copy paste Formula untuk cell dibawahnya.

Hasilnya yaitu sebagai berikut

Cara Menggunakan Vlookup

Untuk mengisi kolom Bonus langkahnya serupa yang membedakan cuma nilai colom_index_Numbernya saja yakni yang ke 3. dengan cara lengkap Formulanya merupakan:

=VLOOKUP( I24,$C$24:$E$26, 3, FALSE)

Begitulah sedikit penjelasan mengenai Cara Menggunakan Vlookup Mudah pada Excel, semoga artikel ini bermanfaat ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *