jenis-jenis sambungan kabel listrik

Jenis-Jenis Sambungan Yang Ada Pada Kabel Listrik

 

Jenis-Jenis Sambungan – Kabel adalah menyambungkan dua atau lebih perangkat dengan menggunakan media kabel sebagai media penghubungnnya. Menyambung kabel adalah pilihan terakhir jika memang tidak bisa lagi di hindari, tetapi memang sebaik-baiknya kabel ya yang tidak terdapat sambungannya.

Tetapi karena berbagai alasan maka sambungan kabel memang di perlukan, Karena pada sambungan kabel memiliki resiko yang besar maka apabila terjadi sambungan kabel listrik yang kurang baik dan tidak terpasang dengan erat bisa saja terjadi sesuatu yang membahayakan seperti terputus atau bahkan terjadi percikan api pada sambungan kabel.

Kali ini kami akan membahas beberapa jenis sambungan kabel listrik yang sesuai prosedur standar, berikut ulasannya di bawah ini :

 

1. Sambungan Ekor Babi (pig tail)

Yang pertama adalah jenis sambungan ekor babi/pig tail, sambungan ini adalah yang paling mudah dan banyak di lakukan buat menyambung kabel lsitrik, khsusunya di gunakan buat menyambung kabel tembaga init tugal.

2. Sambungan Bolak – Balik

Berikutnya ada jenis sambungan bolak balik, sambungan ini tergolong lumayan sulit buat di lakukkan namun sambungan ini di jamin lebih kuat di bandingkan dengan sambungan jenis ekor babi, sambungan kabel bolak-balik biasanya khsusus di gunakan untuk menyambung kabel tembaga berinti tunggal.

3. Sambungan Jenis Puntir

Nah untuk sambungan jenis puntir ini terdiri dari dua macam yang populer berikut urainnya:

  • – Bell hanger, sambungan jenis bell hanger tergolong sambungan yang populer dan cukup bagus,mudah di buat dan juga khsusus buat kabel inti tunggal.
  • – Western Union, berikutnya sambungan kabel western union sebenarnya hampir sama dengan jenis bell hanger namun ada sedikit perbedaan yaitu terletak pada cara memuntir kabelnya dan berfungsi buat menyambung kabel berinti tunggal.

4. Sambungan Datar Bercabang

Untuk jenis sambungan kabel jenis datar bercabang di bagi ke dalam tiga macam yang bisa kalian ketahui dan praktekkan tentunya, berikut macamnya:

  • – Sambungan cabang tunggal/single plain joint, sambungan jenis ini biasa di gunakan buat menyambung kabel pada percabangan,salah satu kabel utama tidak di putus atau utuh dan di kupas pada bagian isolasinya, kemudian ujung kabel lainnya di lilitkan pada bagian yang sudah di kupas tersebut dan sambungan ini khusus untuk kabel inti tunggal.
  • -Sambungan Cabang tunggal/knotted tab joint, sambungan ini hampir sama dengan single plain perbedaannya hanya pada teknik melilitnya saja yang sedkit rumit tetapi memiliki kualitas yang baik. Salah satu kabel tidak di putus dan di kupas pada isolasinya kemudian kabel lainnya di lilitkan pada bagian yang sudah di kupas tadi, sambungan ini khusus buat kabel berinti tunggal.
  • -Sambungan bercabang silang, sambungan jenis ini adalah gabungan beberapa sambungan single plain, biasa digunakan untuk menyambung kabel yang lebih dari satu percabangan. Salah satu kabel tidak terputus lalu di kupas pada bagian isolasinya lalu kabel lainnya di lilitkan pada bagian yang sudah terkelupas tadi,dan sambungan ini khusus kabel berinti tunggal.

5. Sambungan Scraf

Sambungan jenis Scraf ini memang hampir sama dengan cara britania bedanya hanya pada kabel yang akan di sambung di pipihkan terlebih dulu buat menghasilkan sambungan yang tidak terlalu besar dan ukuran kabel yang akan di sambung biasanya jauh lebih besar di banding inti kabel atau kawat kabel yang melilitnya. Caranya dengan melekatkan dua ujung kabel yang sudah di kupas isolasinya lalu menggunakan potongan inti kabel yang berukuran kecil sebagai lilitan pengikat.

 

6. Sambungan jenis Britania

Berikutnya ada sambungan kabel britania, Sambungan jenis ini merupakan jenis sambungan yang digunakan untuk kabel yang memililki ukuran cukup besar sekitar 5 – 7 mm yang tidak bisa dipuntir menggunakan tangan. Oleh karena itu, sambungan Britania membutuhkan bantuan kabel berukuran kecil agar lebih mudah untuk menyambungnya.

 

 

Nah itulah beberapa uraian dari kami mengenai Jenis – Jenis Sambungan Yang Ada Pada Kabel Listrik, semoga mudah di pahami dan di praktekkan yaaa. Semoga bermanfaat