Jenis Mesin Jahit

Jenis Mesin Jahit Dan Beberapa Fungsinya

 

Jenis Mesin Jahit – Mesin jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berfungsi buat menjahit. Sejarah jahit-menjahit dengan menggunakan jarum sudah dimulai pada awal-awal peradaban manusia.

Dulu sebelum adanya mesin jahit masyarakat menggunakan teknik manual yaitu dengan hanya memakai jarun dan benang, tetapi dengan berkembangnya jaman maka banyak bermunculan jenis jenis mesin jahit, tentunya hal ini dimaksudkan buat mempermudah pengguna dalam menggunakan mesin jahit, dan mempersingkat waktu penggunaan sehingga proses menjahit akan lebih cepat selesai. Dan juga hasilnya akan lebih baik dan rapi.

 

Berikut Kami Uraiakan Jenis Mesin Jahit Yan Banyak di Gunakan Oleh Masyarakat saat ini.

 

1. Mesin Jahit Klasik

Pertama ada mesin jahit jenis klasik yang merupakan mesin jahit generasi pertama, mesin ini masih menggunakan karet yang di gabungkan dengan FRAY bagian bawah yang berfungsi sebagai pemutar pulley pada mesin jahit. Tray tersebut digerakan dengan kaki sehingga tray tersebut dioperasikan secara manual. Awalnya mesin ini hanya untuk jahitan jenis rantai Namun, seiring waktu jahitan jenis rantai dinilai mudah lepas sehingga pakaian tidak awet. Oleh karena itu, para pembuat mesin jahit klasik terus berinovasi dalam membuat mesin jahit klasik yang mampu membuat berbagai macam jenis jahitan.

Cara kerja dari mesin jahit ini cukup mudah karena kalian hanya perlu menggunakan tray di bagian bawah mesin jahit lalu pulley akan berputar dan putaran pulley akan membuat jarum pada mesin bergerak sehibngga bisa membuat jahitan. Kini telah banyak Kini, telah banyak mesin jahit klasik yang menggunakan dinamo sebagai penggerak pulley sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk memutar pulley tersebut. entunya hal tersebut sangat efisien dan juga harga dari mesin jahit klasik terbilang cukup murah sehingga masih banyak orang yang masih menggunakan mesin ini untuk membuat pakaian atau menjahit pakai yang telah robek.

2. Mesin Jahit High Speed

Nah selanjutnya ada jenis mesin jahit high speed dan sesuai dengan namanya mesin ini menggunakan kecepatan tinggi buat memproses jahitannya dan dengan kecepatan yang di milikinya tersebut tentu waktu pengerjaan akan lebih cepat dan menghemat waktu serta pakaian yang di hasilkan akan jauh lebih rapi. Tetapi buat menggunakan mesin jahit jenis ini di perlukkan keahlian khusus lho agar hasil jahitan lebi rapi dan tidak berantakan.

Mesin jahit jenis High speed sangat cocok buat usaha konveksi atau bisnis pakaian kalian, dikarenakan selain kelebihannya yang memiliki kecepatan tinggi harga yang ditawarkan pun cukup murah untuk usaha konveksi. Dan memang sudah banyak kok yang menggunakan mesin jahit jenis ini karena berbagai kelebihan yang di tawarkan tentunya.

3. Mesin Jahit Digital

Nah buat mesin jahit jenis digital ini merupakan mesin jahit yang sudah di lengkapi dengan sistem komputer di dalam proses menjahitnya dan menggunakan kecepatan tinggi. Biasanya juga mesin jahit digital mempunyai banyak fitur yang akan membantu Anda dalam membuat pakaian.
Cara penggunaan mesin jahit digital memang dinilai cukup membingungkan, namun lama-kelamaan pasti Anda akan mengerti. Anda hanya perlu mengetahui terlebih dahulu tombol dan fitur yang dimiliki mesin jahit digital tersebut untuk mengoperasikannya.Dibalik kelebihannya tersebut, tentu untuk mendapatkan mesin jahit ini Anda perlu merogoh kantong dalam-dalam karena mesin jahit digital dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Namun, hal tersebut tentu sebanding dengan apa yang Anda dapatkan setelah memiliki mesin jahit jenis ini.

 

Mungkin itu saja dari kami mengenai Jenis Mesin Jahit Dan Beberapa Fungsinya, semoga mudah di pahami ya dan menjadi referensi pilihan kalian ketika akan menggunakan jenis mesin jahit yang mana. Terima Kasih