Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 27

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 27

 

Kunci Jawaban-Pada pertemuan kali ini kita akan memberikan uraian dan membahas mengenai Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 27, Simak kunci jawaban buku tema 4 kelas 6 SD MI halaman 25, 26, 27, 28, subtema 1 pembelajaran 3. Dengan judul globalisasi “buku tematik terpadu kurikulum 2013 edisi revisi 2018, tema 4 kelas 6 SD/MI. Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 26 ini hanya sebagai pedoman bagi orangtua atau siswa, dalam mengoreksi hasil belajar. Maka dari itu siswa di harapkan mengerjakan dulu soal tanpa langsung melihat kunci jawaban.

Berikut adalah kunci jawaban tema 4 kelas 6 SD MI halaman 25, 26, 27, 28 :

KUNCI JAWABAN TEMA 4 KELAS 6 HALAMAN 25, 26

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks bacaan “Menyalurkan Energi Listrik”. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

1. Apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik?

Jawaban: aliran air sungai, panas bumi, dan aliran angin.

2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?

Jawaban: menyalurkan energi listrik dari pusat pembangkit bertegangan tinggi ke gardu induk di berbagai tempat.

3. Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?

Jawaban: Karena jarak antara pusat pembangkit listrik dengan rumah penduduk sangat jauh. Tegangan listrik perlu dinaikkan supaya energi listrik tidak kehilangan daya terlalu banyak ketika proses transmisi. Sedangkan penurunan tegangan listrik bertujuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga.

4. Bagaimana sistim transmisi tersebut memiliki peran penting di era globalisasi sekarang ini? Jelaskan dengan singkat.

Jawaban: dengan sistim transmisi, masyarakat dapat menikmati energi listrik, yang mendukung perkembangan teknologi di berbagai bidang.
Berdasarkan hasil diskusi, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada diagram berikut!

Jawaban:

Paragraf 1: Topik Masalah

Peran listrik dalam mendukung terjadinya globalisasi.

Paragraf 2: Deret Penjelas

Tegangan listrik dari pusat pembangkit dinaikkan oleh transformator hingga 500 kv, lalu disalurkan melalui sistem transmisi bernama SUTET, hingga masuk ke gardu induk di berbagai tempat.
Di gardu induk, tegangan energi listrik diturunkan oleh transformator menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan lagi ke gardu distribusi.
Di gardu distribusi, tegangan energi listrik kembali diturunkan menjadi 220 volt, menyesuaikan kebutuhan rumah tangga. Setelah itu, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Paragraf 3: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Masyarakat dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dengan adanya listrik.

 

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 27, 28

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menulis tentang proses dihasilkannya energi listrik pada pembangkit listrik sederhana mikrohidro.
Sekarang, coba tuliskan dengan runtut kelanjutan dari tulisanmu, yaitu tentang proses menyalurkan energi listrik yang telah dihasilkan oleh pembangkit listrik mikrohidro tersebut. Kamu dapat menambahkan gambar untuk memperjelas tulisanmu.
Isi tulisanmu adalah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga sampai ke rumah-rumah warga di lingkungan tempat tinggalmu.
Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu.

Jawaban:
Pembangkit mikrohidro menggunakan air sebagai sumber energi potensial. Aliran air turun dari ketinggian tertentu yang dipengaruhi gaya gravitasi, mengenai turbin dan memutar baling-baling turbin. Turbin mengubah energi potensial air menjadi energi mekanik.
Energi mekanik dari turbin dihubungkan ke generator yang kemudian mengubahnya menjadi energi listrik. Dari generator, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga dengan menggunakan jaringan distribusi berupa kawat penghantar, tiang, isolator, dan transformator.

 

CATATAN PENTING :

1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.

2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.

3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

 

 

Nah demikian dari kami mengenai Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 27, semoga bermanfaat