Aplikasi Berbasis Web

Mari Mengenal Lebih Jauh Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi Berbasis Web-Salah satu tipe aplikasi banyak digunakan oleh para konsumen internet adalah aplikasi Berbasis Web atau web- based application. Keberadaan aplikasi jenis ini sangat berarti untuk banyak orang. Sebab bisa mempermudah dalam beraktifitas di dunia maya. Aplikasi ini sering dibuat oleh jasa pembuatan aplikasi web untuk berbagai macam kebutuhan.

 

Pengertian Aplikasi Berbasis Web

 

Aplikasi web merupakan aplikasi yang dalam pengembangannya mengenakan bahasa program seperti HTML, PHP, CSS, serta JS.

Aplikasi ini membutuhkan web server dan browser semacam Chrome, Firefox, Opera, dll gara dapat melakukannya. Aplikasi ini tidak membutuhkan penginstalan agar dapat digunakan karena program yang ada di dalamnya telah disimpan di web server.

Aplikasi Berbasis Web mudah diakses dan juga tidak menginginkan sumber daya besar dalam hal keinginan perangkat keras( hardware) dan perangkat lunak( software). Semua orang juga bisa menggunakan aplikasi ini. Jadi tidak mengherankan jika banyak perusahaan, LSM ataupun NGO, atau instansi pemerintahan yang memakai pelayanan pembuatan aplikasi web untuk mempermudah kinerja mereka.

 

Pengguna Aplikasi Web

 

Aplikasi web juga dipakai oleh instansi pemerintahan. Mereka memanfaatkan web selaku sumber informasi untuk masyarakat biasa. Aplikasi ini juga sering dipakai selaku pusat data( database) untuk menyimpan berbagai macam informasi hal banyak perihal. Bisa juga digunakan untuk mempermudah masyarakat buat mengurus surat- surat perizinan.

Tidak hanya korporasi dan instansi pemerintahan, LSM ataupun NGO pula banyak yang memakai aplikasi website. Hampir sama dengan lembaga pemerintahan, mereka menggunakan aplikasi web buat menaruh data.

Baca Juga :  Aplikasi Berbasis Web Untuk Masa Depan

 

Jenis- jenis Jasa Pembuatan Aplikasi Web

 

Selanjutnya ini beberapa contoh jenis- jenis aplikasi web yang kerap ditemui dalam keseharian kita:

 

1. Aplikasiweb media sosial

Tanpa kita sadari, web platform media sosial yang sering kita pakai tiap hari merupakan aplikasi Berbasis Web. Web sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram. dan lain- lain merupakan contoh Aplikasiweb yang digunakan sebagai media jejaring sosial. Tetapi perlu Kamu ingat, bahwa aplikasi yang Kamu download di Google Store ataupun App Store melalui ponsel pintar, tablet ataupun jam pintar bukan Aplikasiweb.

 

2. Aplikasiweb berbasis sistem informasi

Aplikasi Berbasis Web selanjutnya merupakan aplikasi sistem informasi. Aplikasi ini akan menaruh data konsumen secara terpusat serta sistematis. Tujuan kuncinya adalah untuk membantu menata segala macam informasi dan energi yang sudah tersembunyi di dalam website bisa diakses dengan mudah dan kilat oleh semua orang.

Sistem di aplikasi ini juga bisa dicocokkan dengan kebutuhan dari konsumennya di bidang mereka masing- masing. Contoh dari aplikasi ini adalah SIAKAD( Sistem Informasi Akademik), sistem informasi koperasi, sistem manajemen rumah sakit, dan masih banyak lagi.

 

3. Aplikasiweb jual beli( e- commerce)

Beberapa tahun belakangan, adanya banyak marketplace membuat banyak industri e- commerce yang menghubungi pelayanan pembuatan Aplikasiweb untuk membuatkan Aplikasiweb untuk perusahaan mereka. Ya, web toko online yang sering Kamu buka merupakan salah satu jenis aplikasi Berbasis Web.

Di dalam aplikasi tipe ini akan ada bermacam macam fitur seperti add- to- cart, search bar, online payment, check- out, dan lain- lain. Semua fitur itu terbuat untuk mempermudah mereka yang berkunjung bisa mencari atau membeli barang dengan gampang dan cepat. Contoh Aplikasiweb jual beli antara lain: Shopee, Bukalapak, Tokopedia, BliBli, Lazada, serta sedang banyak lagi.

Baca Juga :  Aplikasi Berbasis Web Untuk Masa Depan

 

4. Aplikasiweb pencarian

Kalian tentu sering mencari informasi di mesin ataupun website pencari. Ternyata website pencarian itu merupakan salah satu contoh dari aplikasi Berbasis Web. Google, Bing, Yahoo, serta yang lain adalah contoh dari Search Engine atau mesin pelacak yang kerap dipakai oleh para konsumen internet untuk mencari berbagai macam informasi.

 

5. Aplikasiweb informasi dan berita

Aplikasi Berbasis Web juga bisa dipakai sebagai alat untuk menunjukkan informasi dan berita terkini. Berita dan informasi yang diperlihatkan bisa berupa informasi lokal, nasional dan internasional.

Contoh dari Aplikasiweb berita dalam negeri ialah: detik. com, kompas. com, tempo. co, kaskus. co. id, dan masih banyak lagi.

 

6. Aplikasiweb browser

Berikutnya ada Aplikasiweb browser. Browser sendiri ialah suatu aplikasi atau perangkat lunak yang dipakai untuk membuka dan menjalankan halaman ataupun web suatu situs. Ilustrasi dari aplikasi jenis ini adalah Google Chrome, Safari, Opera, Mozilla Firefox, UC Browser, dan masih banyak lagi browser yang dilahirkan oleh jasa pembuatan Aplikasiweb.

 

Dari penjelasan keunggulan dan kekurangan di atas maka selalu waspada saat memakai aplikasi Berbasis Web. Yakinkan kalau pc ataupun gadget Kamu memiliki sistem keamanan yang baik. Alhasil tidak mudah terserang virus, malware atau hal- hal yang merugikan lainnya. Begitu penjelasan kami mengenai aplikasi Berbasis Web. Jika Kamu tertarik untuk membuatnya dapat menghubungi jasa pembuatan Aplikasiweb. Yakinkan Kalian memakai pelayanan yang profesional dan juga terpercaya dan profesional. Mudah- mudahan Bermanfaat