Aplikasi Enterprise Resource Planning

Aplikasi Enterprise Resource Planning untuk Bisnis Anda

Aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) dapat menjawab kebutuhan bisnis Anda untuk lebih cepat dan efisien. Karena aplikasi ini dapat memudahkan dan menyederhanakan proses melalui database yang terpusat.

Seperti namanya, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola perencanaan sumber daya perusahaan. Yakni dengan menyediakan data realtime yang terkoneksi ke berbagai departemen menggunakan dashboard yang user friendly.

Pengelolaan database menggunakan aplikasi ini membuat perusahaan Anda terotomatisasi. Meninggalkan proses pencatatan database secara manual. Sehingga atasan dan pembuat kebijakan dapat membuat keputusan dengan lebih cepat dan akurat.

Sejarah Aplikasi Enterprise Resource Planning

Konsep Enterprise Resource Planning (ERP) sebanarnya sudah ada sejak tahun 1960. Pada saat itu banyak digunakan untuk manajemen inventaris pada industry manufaktur. Kemudian pada tahun 1970 ERP berkembang menjadi MRP.

MRP adalah Material Requirement Planning untuk penjadwalan dan perencanaan proses produksi. Pada tahun 1980 lebih berkembang lagi agar bias mencakup lebih banyak industry dan Namanya berubah menjadi MRP-II.

Pada tahun 1990 ERP semakin berkembang yakni memiliki fungsi tambahan untuk membantu bagian back office, seperti keuangan, manajemen SDM, manajemen proyek dll. Pada saat ini juga mulai digunakan istilah ERP.

Tahun 1998 Gartner Group menciptakan system agar program tersebut dapat diterapkan oleh seluruh perusahaan dan dapat diakses melalui internet. Pada tahun 2000 dikeluarkan ERP-II berbasis cloud pertama yang menawarkan fleksibilitas.

Kapan Perusahaan Membutuhkan Aplikasi Enterprise Resource Planning

Setiap bidang usaha memiliki kondisi persaingan yang berbeda – beda. Berikut ini adalah parameter yang bisa Anda gunakan untuk melihat apakah perusahaan membutuhkan aplikasi Enterprise Resource Planning atau tidak.

  1. Kecepatan adalah Hal yang Utama

Karyawan menghabiskan waktu lama mengerjakan tugas yang semestinya sudah tidak dikerjakan secara manual. Hal ini berimbas pada lamanya pekerjaan dan akses data yang tidak bisa cepat.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Video IOS dengan Fitur Banyak

Membuat atasan dan karyawan lain membutuhkan waktu lama untuk mencari informasi. Ini berarti Anda harus mempertimbangkan penggunaan Aplikasi Enterprise Resource Planning.

 

  1. Adanya Integrasi Data Lintas Departemen

Di dalam perusahaan terdapat banyak departemen yang saling berhubungan dan antar departemen akan terhambat kerjanya apabila data tidak terintegrasi dengan baik.

Selain itu, perusahaan juga berhubungan dengan supplier dan vendor di berbagai daerah. Serta penggunaan berbagai aplikasi untuk menunjang kelancaran pekerjaan.

 

  1. Ketersediaan Data Adalah Mutlak Diperlukan

Sulit mengidentifikasi masalah karena kurangnya data, owner tidak dapat memonitor stok atau inventaris dan sumber daya dengan cepat adalah tanda bahwa perusahaan harus berbenah.

Contoh Aplikasi ERP yang Dapat Digunakan

Untuk memilih aplikasi ERP yang cocok bagi perusahaan, Anda harus mengidentifikasi kebutuhan dengan baik. Karena ada bermacam – macam aplikasi ERP, seperti di bawah ini:

  1. NetSuite ERP

Aplikasi ERP yang pertama adalah NetSuite ERP, aplikasi ini termasuk yang paling banyak digunakan karena memiliki banyak fitur. Unggul pada pencatatan keuangan dan audit keuangan perusahaan.

  1. Workday

Workday adalah aplikasi ERP berbasis cloud yang unggul dalam manajemen sumber daya manusia serta pengaturan keuangan perusahaan. Salah satu kegunaannya adalah untuk maintain proses rekrutmen karyawan.

  1. Odoo ERP

Odoo ERP cocok bagi usaha yang sedang berkembang karena memiliki banyak pilihan modul. Unggul dalam bidang CRM (Customer Relationship Management) dan terhubung dengan data penjualan, manufaktur, manajemen keuangan.

  1. Brightpearl

Aplikasi ERP ini memperbarui data penjualan secara real time sehingga membantu perusahaan tidak kehabisan stok barang. Cocok digunakan untuk pedagang grosir, retailer dan wholesaler.

  1. Ecount ERP

Ecount ERP adalah aplikasi yang baik untuk usaha UKM atau usaha yang baru berkembang. Dengan harga cukup terjangkau, dapat memberikan kemudahan dalam hal keuangan, manufaktur, sumber daya manusia dll.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Helpdesk Open Source Pilihan Terbaik

Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan perusahaan Anda berubah menggunakan optimasi teknologi. Salah satunya menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning, karena sistem yang manual bisa membuat Anda tertinggal.