aplikasi KTP Online

Cara Mudah Mengurus KTP dengan Aplikasi KTP Online

Di masa sekarang manusia dihadapkan dengan virus corona dengan penyebarannya sangat cepat, untuk menghindari penambahan klaster baru dihadirkan aplikasi KTP Online. Hal ini adalah inovasi pelayanan masyarakat untuk lebih memudahkan serta mengurangi resiko kerumunan.

Sudah banyak beberapa daerah kabupaten/kota yang membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan warganya mengurus catatan sipil salah satunya KTP. Pengurusan berbagai layanan secara online ini adalah salah satu bentuk upaya pencegahan penyebaran covid 19.

Aplikasi ini diharapkan dapat mengganti layanan tatap muka, sehingga permintaan para warga masih bisa terpenuhi tanpa harus melakukan pembatasan. Beberapa wilayah sudah mempunyai aplikasi didukcapil sendiri adalah Bantul, Bandung, Kabupaten Grobogan, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Modif Motor Android Pilihan dengan Rating Tinggi

Pemerintahan daerah telah melakukan inovasi pelayanan online untuk memudahkan warganya dalam mencetak dokumen yang dibutuhkan salah satunya E-KTP. Dengan menggunakan aplikasi KTP online, para warga dapat mengakses pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintahan daerah sebagai pengganti tatap muka. Berikut ini adalah nama-nama aplikasi dan daerah yang sudah memilikinya.

  1. SALAMAN – Bandung

Aplikasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Bandung ini bernama SALAMAN singkatan dari seleSAi daLAm genggaMAN. Bisa di download langsung melalui play store maupun apps store. Dengan SALAMAN Anda dapat mengurus akta kelahiran, akta kematian, kartu identitas anak, perpindahan penduduk serta mengurus ktp online.

  1. e-Simpel Kabupaten Grobogan

Saat ini Anda bisa melakukan pendaftaran KTP online dengan menggunakan aplikasi e-Simpel. Alasan diluncurkannya hal ini adalah sebagai bentuk inovasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Grobogan untuk memudahkan pengurusan dokumen.

Pendemi covid 19 mengharuskan semuanya dilakukan di rumah, tak terkecuali dengan pelayanan masyarakat ini. Hal ini tentu saja dapat menyulitkan warga pada masa awal pendemi membutuhkan dokumen secara cepat. Hal itu dapat teratasi setelah dihadirkannya aplikasi ini.

  1. SMART – Bantul

Aplikasi KTP online lainnya milik Kabupaten Bantul, Anda bisa mengunduhnya melalui play store atau apps store. Mengoperasikannya pun sangat mudah, Anda hanya harus login menggunakan No. KK dan NIK lalu pilihlah layanan sesuai kebutuhan.

Misalnya KTP El, setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi data pendukung seperti nomer telepon, email lalu pilihlah pernyataan sesuai dengan kondisi KTP dimiliki. Setelah selesai muncul data dengan status KTP telah diajukan.

  1. ALPUKAT – DKI Jakarta

Pemerintahan DKI Jakarta juga memiliki ALPUKAT singkatan dari Akses Langsung Pelayanan dokUmen Kependudukan cepAt dan akuraT. Semua layanan yang tersedia adalah layanan biasanya diurus di pemerintahan seperti percetakan e-KTP, akta kelahiran, akta kematian, percetakan KK, perubahan data, dan masih banyak lagi.

  1. Sikancil Berlari – Bogor

Sama seperti lainnya, Kota Bogor juga menghadirkan aplikasi dapat diakses oleh warganya. Persyaratannya hanya harus memiliki KTP Kota Bogor. Kepanjangan dari Sikancil Berlari adalah Sistem Kependudukan Catatan Sipil Berintegrasi Layanan Prima.

Jika Anda warga Bogor dan sedang berniat untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini melalui play store dan apps store. Tetapi untuk sementara waktu layanan ini sedang diberhentikan sementara.

  1. SOBAT Dukcapil – Tangerang

Aplikasi SOBAT memiliki tujuan untuk memudahkan warga Tangerang dalam melakukan pengurusan administrasi pada masa pendemi seperti ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya melindungi warga Tangerang dari ancaman Covid-19.

Aplikasi ini memungkinkan Anda sebagai warga Tangerang mengurus administrasi kependudukan dalam satu genggaman saja. Layanan yang dapat diakses adalah pengurusan KTP, KK, akta lahir, nikah, cerai, kematian, dan sebagainya.

Inovasi-inovasi untuk memudahkan warga dalam hal pengurusan dokumen administrasi memang diperlukan salah satunya dengan menyediakan layanan online dengan user friendly. Pada masa pendemi covid 19 pembatasan sosial diberlakukan, kadang kali pembatasan tersebut membuat warga kesulitan dalam mengurus dokumen. Contohnya seperti aplikasi ktp online yang sudah diluncurkan oleh beberapa daerah di Indonesia.