Perbedaan SUV dan MPV

Perbedaan SUV dan MPV Beserta Penjelasannya

Markasinfo.com – Perbedaan SUV dan MPV – Pada era yang semakin modern ini, mobil bukan lagi menjadi barang yang langka pada pasaran. Bahkan jenis dan merk mobil kian bervariasi, setiap jenis mobil memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Misalnya saja SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi Purpose Vehicle), keduanya kerap kali menjadi pilihan oleh banyak orang untuk digunakan. Kedua jenis mobil ini juga sudah terakui mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Namun perlu Anda ketahui pula, bahwa kedua mobil jenis ini memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan dari SUV dan MPV? Yuk, simak terus penjelasan!

PERBEDAAN SUV DAN MPV

Adapun perbedaan dari mobil SUV dan mobil MPV yaitu sebagai berikut

Kita lihat dari Kegunaannya

Perbedaan mobil SUV dan MPV yang pertama adalah jika kita tinjau dari kegunaannya. Kedua jenis mobil ini memiliki kegunaan yang berbeda. Mobil SUV untuk agar bisa melewati jalan yang sulit dan menantang. Sedangkan mobil MPV lebih berfokus pada keluarga, sehingga terkesan lebih nyaman dan aman.

Kita lihat dari Bahan Bakar

Mobil dengan jenis SUV kerap kali kelengkapan mesin dengan kapasitas yang besar. Hal itu untuk agar mobil memiliki tenaga yang kuat dan bisa melewati jalanan yang terjal dan juga sulit.

Dengan mesin tersebut, tak heran jika mobil SUV lebih boros bahan bakarnya dari pada mobil lainnya. Hal itu berbeda dengan MPV yang bahan bakarnya lebih irit karena memang sebagai mobil keluarga

Kita lihat dari Kapasitas Mesin

Sebagai mobil sport, mobil jenis SUV ini memiliki kapasitas mesin yang besar yaitu sekitar 1.500cc. Kapasitas yang besar membuat SUV ini sangat cocok pada segala kondisi jalan. Sedangkan, untuk kebanyakan mobil MPV memiliki kapasitas mesin kurang lebih 1.500cc

Kita lihat dari Bobot Mobil

Jika kita tinjau dari bobotnya, mobil SUV memiliki bobot yang lebih berat dari mobil MPV. Hal ini karena mobil SUV memiliki desain agar tangguh dan mampu pada jalan off road ataupun on road. Bahkan perbedaan beratnya sendiri mencapai 0,5 ton sampai 1 ton.

Mobil MPV ini memang memiliki bodi yang cukup ringan, membuatya mudah untuk berjalan. Namun, bobot yang ringan ini pula kerap kali terkait dengan material ringan yang pada proses pembuatannya

Kita lihat dari Bodi Mobil

Secara kasat mata, keduanya memiliki perbedaan yang langsung terlihat. Mobil SUV memiliki bodi yang tangguh. Mobil ini mempunyai kelengkapan gorund clearance dengan tinggi sekitar 200 mm karena telah tersematkan pelek 15 inci dan juga ban yang besar.

Sedangkan untuk mobil MPV, memiliki bodi yang sederhana namun tetap terlihat elegan jika kita pakai bersama keluarga. Jenis pemilihan pelek dan ban harus memilih dengan ukuran standar.

Kita lihat dari Harga Mobil

Harga dari mobil ini sebenarnya berfariasi, tergantung dengan kategori pada setiap mobil. Hanya saja, pada pasaran harga mobil SUV relatif lebih mahal jika kita bandingkan dengan mobil MPV.

Hal tersebut sebanding dengan berbagai macam fitur dan kemudahan yang ada pada mobil SUV. Bahkan harga terendah mobil SUV saja sebanding dengan harga MPV dengan kelas terbaik.

Kesimpulan dan Penutup

Bagaimana, sudahkah Anda tahu tentang perbedaan antara mobil MPV dan SUV? Untuk mengetahui mana yang paling bagus antara keduanya itu tergantung kebutuhan dari setiap pemakainya. Jika Anda mencari untuk keluarga, maka MPV yang tepat untuk Anda.

Sekian dulu artikel tentang perbedaan MPV dan SUV kali ini. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *