Asuransi Unit Link

Simak Cara Kerja Asuransi Unit Link Yang Wajib Kalian Pahami

 

Simak Cara Kerja Unit Link – Asuransi Unit Link manager investasi akan mengelola alokasi ivestasi nasabah, sama seperti produk reksadana, investasi pada unit link juga memiliki resiko dan tidak bisa di jamin hasilnya karena tergantung pada kondisi ekonomi. Asuransi unit link memilki tujuan utama agar premi yang di bayarkan tidak naik-naik seiring berjalannya waktu,karena kenaikan biaya asuransi dapat tertutupi dari nilai tunai investasi yang telah terbentuk. Selain itu, agar nasabah dapat terus membayar biaya asuransi hingga usia nasabah tidak produktif atau masa pensiun. Sehingga nasabah selalu memiliki perlindungan jiwa dan kesehatan.

 

Mengingat unit link adalah produk asuransi yang di gabungkan dengan investasi, premi yang di bayarkan di alokasikan menjadi dua bagian:

1. Premi Dasar Berkala
Yaitu premi yang di bayarkan teru menerus agar polis tetap aktif,karena tujuan utama dari premi ini adalah mengcover biaya asuransi yang mengalami kenaikan seiring bertamnbahnya resiko dari nasabah. Jadi untuk menjaga asuransi ini tetap aktif maka nasabah perlu membayarkan premi secara berkala.

2. Premi Investasi Berkala
jika nasabahingin agar nilai tunai dari investasi lebih besar dan cepat terbentuk, maka nasabah bisa melakukan Top Up pada premi investasi berkala. Penempatan investasi pada jenis-jenis instrumen investasi dalam unit link dinamakan fund. Di Astra Life ada 11 macam fund yang bisa dipilih untuk diinvestasikan sesuai profil risiko nasabah, dan diberikan fasilitas switching dengan cara memindahkan investasi nasabah dari fund yang sudah dipilih ke fund yang lain. Di Astra Life, nasabah juga akan dapat memaanfaatkan fasilitas untuk melakukan switching tanpa biaya sebanyak 4 kali dalam setahun, selebihnya akan dikenakan biaya sesuai ketentuan.

 

Cara Kerja Asuransi Unit Link

Berbicara mengenai asuransi unit link banyak yang salah kaprah mengenai unit link, banyak yang menganggap unit link adalah investasi sehingga mereka berpikir akan mendapat hasil yang tinggi dari dana setoran. Padahal investasi pada unit link mempunyai tujuan tertentu dan apa itu tujuan asuransi unit link.

Selama ini kita kerap mengenal dua jenis Asuransi jiwa, yaitu Asuransi murni atau tradisional, dan Asuransi unit link atau dwiguna. Kedua Asuransi ini memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda.Asuransi jiwa murni umumnya berupa proteksi Kesehatan baik untuk rawat inap maupun perlindungan penyakit tertentu. Biasanya, Asuransi ini punya jangka waktu, mulai dari 5 hingga 20 tahun.

Asuransi jiwa unit link cocol bagi mereka yang ingin terlindungi ketika terjadi kematian saat usia produktif. Sehingga uang proteksi yang akan di berikan bisa bermanfaat. Nilai tunai yang di berikan dari hasil manager investasi yang di tunjuk perusahaan asuransi. Layaknya Investasi lainnya nilai investasi pada unit link sangat fluktuatif sehingga memilki risiko

 

Dua Hal Penting Mengenai Asuransi Unit Link

1. Pahami Jenis Dana Dalam Unit Link
Seringkali orang berharap memperoleh imbal hasil yang tinggi dari premi yang diinvestasikan. Akan tetapi, imbal hasil yang didapat amat tergantung pada dua hal. Pertama, jenis fund atau reksa dana yang disetorkan dari premi. Kedua, kondisi pasar modal di tanah air.

Hal yang perlu diingat asuransi unit link tidak sama dengan investasi di Bursa saham atau sejenisnya, karena asuransi unit link yang satu ini lebih kepada usaha perencanaan masa depan dan melindungi keluarga.

2. Investasi Sebagai Pelindung Nilai Kenaikan Biaya Kesehatan
Investasi pada asuransi unit link juga berhubungan dengan biaya kesehatan yang sewaktu-waktu bisa mengalami kenaikan. Menurut survei Willis Towers Watson, rata-rata kenaikan biaya kesehatan di Indonesia mencapai 10%-11% per tahun. Kenaikan ini melebihi rata-rata inflasi nasional yang bertengger di angka 3%-an.

 

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Simak Cara Kerja Unit Link Yang Wajib Kalian Pahami, Semoga Bisa Bermanfaat dan membantu kalian dalam memahaminya. Terima Kasih