Asuransi Jiwa

Lindungi Yang Tercinta Dengan Manfaat Asuransi Jiwa Berikut

 

Manfaat Asuransi Jiwa – Asuransi jiwa adalah suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis ataupun tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penjamin yang mana perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah uang garansi bila terjadi resiko kematian terhadap pihak pemegang polis asuransi. Jadi manfaat asuransi jiwa ini akan diperoleh oleh anggota keluarga ataupun ahli waris yang ditunjuk oleh pemegang polis asuransi.

Apa Manfaat Asuransi Jiwa?

1. Melindungi ahli waris

Saat seorang tulang punggung keluarga meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan otomatis kehilangan pemberi nafkah serta bisa mengakibatkan finansial keluarga terganggu. Adanya asuransi jiwa akan menghindari hal itu terjadi. Asuransi jiwa bisa diklaim ketika tertanggung mengalami musibah serta uang pertanggungjawaban akan diberikan pada ahli waris yang telah ditunjuk.

2. Mencegah terjadi kerugian yang besar

Asuransi jiwa tidak hanya untuk kematian, bisa juga mencegah saat terjadi musibah parah yang menyebabkan seorang tidak bisa lagi mencari nafkah. Asuransi akan berfungsi sebagai penanggung kerugian yang terjadi. Besar uang yang akan diserahkan, sesuai dengan polis yang telah disepakati.

3. Investasi dalam asuransi

Kamu juga bisa menggunakan asuransi sebagai investasi, yang berarti Kamu tidak hanya melunasi premi untuk asuransi saja, tetapi bisa sekaligus mendanakan. Sehingga uang garansi yang dapat diserahkan pada ahli waris akan ditambahkan dengan hasil investasi. Tetapi tentunya kembali lagi kalau prinsip asuransi adalah melindungi, jadi jangan terlalu mengharapkan hasil investasi yang besar ya.

Baca Juga :  Asuransi Jiwa Prudential Pilihan Terbaik Untuk Proteksi Keluarga

Siapa yang Butuh Manfaat Asuransi Jiwa?

Bisa jadi banyak orang yang masih bimbang, apakah dirinya membutuhkan asuransi jiwa atau tidak. Fungsi dari asuransi jiwa adalah untuk mengcover biaya finansial setelah pemegang polis meninggal dunia, seperti biaya hidup keluarga yang ditinggal, melunasi hutang, biaya sekolah anak, dan yang lain. Jadi, yang butuh memiliki asuransi jiwa adalah:

  1. Tulang punggung keluarga
  2. Orang yang mempunyai tanggungan
  3. Orang yang mempunyai hutang

 

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

1. Asuransi Jiwa Berjangka( Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka fungsinya untuk memberi perlindungan pada tertanggung dalam jangka waktu khusus saja, contoh untuk 5, 10, ataupun 20 tahun. Preminya tetap dan terhitung ekonomis. Beberapa keuntungan dari tipe asuransi jiwa ini adalah pemegang polis mendapatkan independensi dalam menentukan besarnya premi sesuai dengan kemampuan serta uang garansi bisa mencapai miliaran rupiah. Sayangnya, uang premi hangus begitu kontrak berakhir apabila tidak mengalami masalah kesehatan ataupun meninggal dunia sampai masa kontrak selesai tersebut.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup( Whole Life Insurance)

Asuransi ini memberikan proteksi seumur hidup, umumnya hingga 100 tahun. Pemegang polis dimungkinkan untuk memperoleh nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan. Jadi, uang premi asuransi yang sudah dibayarkan tidak akan hangus jika tidak ada klaim dan saat kontrak selesai, uang garansi akan diserahkan seluruhnya. Kekurangan adalah harga premi yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Term Life Insurance.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna( Endowment Insurance)

Jenis asuransi jiwa ini memiliki 2 manfaat, ialah sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Artinya, sebagai pemegang polis bisa mendapatkan nilai tunai dari premi asuransi jika tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu dan juga bisa menarik polis asuransi dalam waktu khusus sebelum masa kontrak berakhir. Asuransi jiwa Dwiguna direkomendasikan untuk Kalian yang ingin memastikan ketersediaan anggaran pendidikan buat anak atau anggaran pensiun yang lebih besar.

Baca Juga :  10 Istilah Penting Dalam Asuransi Jiwa Yang Perlu Kamu Kenal

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa Unit Link menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Jadi, sebagai pemegang polis tidak hanya mendapatkan agunan proteksi saja melainkan juga imbal hasil investasi tiap tahunnya. Tetapi tentunya imbal balik dari investasinya tidak sebesar investasi murni seperti saham, pasar uang, ataupun reksadana.

Sebelum membeli polis asuransi jiwa, Kamu perlu mencari informasi lebih banyak dan membandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi terkait.

 

Nah itulah beberapa uraian yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat Asuransi Jiwa yang bisa kalian pahami dan manfaatkan buat keluarga dan kerabat tercinta kalian di masa depan tentunya. Semoga Bermanfaat