Syarat bayar pajak mobil

Syarat Bayar Pajak Mobil Lengkap Dengan Penjelasannya

Markasinfo.com – Syarat Bayar Pajak Mobil – Sebagai pemilik kendaraan bermotor, membayar pajak sudah menjadi kewajiban setiap pemilik kendaraan bermotor. Hal itu juga berlaku untuk kendaraan mobil yang pada mana setiap pemilik kendaraan harus untuk selalu membayar pajak setiap tahun dan juga 5 tahunan.

Proses pembayaran pajak ini biasa melalui kantor SAMSAT atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Pembayaran pajak lima tahunan biasanya harus menyertakan dengan cek fisik setiap kendaraan guna memastikan bahwa kendaraan yang Anda gunakan masih layak. Sedangkan, Pajak tahunan itu hanya melakukan pendaftaran ulang biasa saja.

Sebelum melakukan pembayaran pajak Anda harus menyiapkan beberapa dokumen sebagai syarat membayar pajak mobil.

Adapun syarat bayar pajak mobil yang harus kamu penuhi sudah kami rangkum dalam sebuah Artikel ini. Yuk, simak penjelasannya

Syarat bayar pajak mobil

Adapun syarat-syarat yang harus kamu bawa yaitu :

STNK Asli

Salah satu dokumen yang wajib Anda bawa adalah STNK asli. STNK ini untuk melakukan pengesahan dengan menggunakan stempel pada beberapa kolom yang ada pada halaman depan.

Dengan menggunakan STNK, pembayaran pajak bisa tahunan atau lima tahunan.

BPKB

Pada beberapa daerah yang berada Indonesia, BPKB wajib membawa ke dalam dokumen penting yang harus ikut serta saat hendak membayar pajak. Jika BPKB yang Anda punya sedang berada pada pihak leasing, Anda bisa menggunakan surat keterangan dari pihak leasing.

KTP Asli atas nama STNK

Syarat lainnya yang harus Anda bawa adalah KTP asli yang ada pada identitas STNK. Selain KTP, identitas lainnya seperti paspor, SIM, KK, atau akta kelahiran juga bisa ikut serta saat membayar pajak.

Bukti identitas ini wajib membawa saat Anda hendak membayar pajak tahunan atau pun lima tahunan

Membawa Mobil kendaraan

Saat hendak membayar pajak tahunan, Anda tidak perlu membawa mobil kendaraan. Kendaraan tersebut hanya harus ada saat hendak membayar pajak lima tahunan.

Membawa mobil kendaraan ini bertujuan agar petugas bisa memeriksa kelayakan kendaraan Anda. Kondisi fisik dari kendaraan akan dcek oleh petugas. Untuk melakukan proses ini, Anda hanya perlu membawa mobil ke kantor SAMSAT.

Anda harus menyertakan beberapa dokumen tambahan jika mobil yang Anda bawa tidak sesuai dengan keterangan yang berada pada STNK. Perubahan ini meliputi perubahan warna mobil maupun perubahan wujud dari mobil Anda.

Pembayaran Pajak Mobil

Selain syarat yang telah tertulis pada kalimat sebelumnya, hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan membawa uang tunai. Uang tunai yang harus Anda bawa juga tergantung berapa banyak bajak yang harus kamu bayar.

Nominal pajak tersebut bisa Anda lihat pada lembaran STNK. Selain membayar pajak tahunan, terdapat beberapa biaya yang harus dibayar seperti biaya penerbitan TNKB, biaya penerbitan STNK, dan juga sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan.

Jika Anda telah membayar pajak dan mendapatkan struk maka Anda telah selesai membayar pajak mobil Anda. Uang tunai ini harus Anda bawa saat hendak membayar pajak tahunan maupun lima tahunan.

Kesimpulan dan Penutup

Mudah bukan membayar pajak? Jadi jangan sampai Anda telat dalam membayar pajak kendaraan Anda. Jika telat membayar, Anda harus menyiapkan biaya lebih yang diperuntukan sebagai biaya denda.

Itulah artikel mengenai syarat bayar pajak mobil. Semoga dengan adanya artikel ini membantu Anda agar tidak kesulitan dalam melakukan pembayaran pajak. Demikian artikel ini kami buat dan jangan lupa untuk terus membaca artikel kami yang lainnya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *