syarat gadai BPKB di Pegadaian

Berikut adalah Cara dan Syarat Gadai BPKB di Pegadaian Terbaru 2021

Bagi sebagian orang yang mungkin sedang memulai bisnis baru dan membutuhkan dana tambahan, mengajukan kredit atau pinjaman bisa menjadi salah satu solusi. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang beberapa syarat gadai BPKB di Pegadaian.

Selain menyediakan layanan simpanan emas, Pegadaian juga terkenal sebagai tempat menggadaikan perhiasan hingga BPKB kendaraan bagi anda yang membutuhkan dana darurat dengan jaminan dan syarat yang mudah.

Pegadaian juga menawarkan fasilitas layanan kredit lainnya bagi pengusaha, pegawai tetap dan pegawai tidak tetap untuk keperluan konsumtif yaitu kreasi multi guna. Bagi anda yang tertarik dengan layanan ini, berikut cara dan syarat yang perlu anda persiapkan.

Syarat Gadai BPKB di Pegadaian

WNI berusia 21-60 tahun dan telah bekerja minimal 1 tahun

KTP asli beserta fotokopinya

KK asli beserta fotokopinya

Surat Nikah jika sudah menikah

Faktur pembelian

Sertifikat bisnis

STNK asli & foto kopi

BPKB sepeda motor asli beserta fotokopinya

Cara Menggadaikan BPKB Motor

Di Pegadaian, ada 2 sistem yang bisa anda gunakan, yaitu sistem gadai dan sistem fidusia. Sistem gadai sendiri adalah pemberian kredit atau pinjaman dengan menyerahkan agunan asli (BPKB dan STNK) serta bentuk fisik sepeda motor yang akan menjadi jaminan.

Pembiayaan dengan sistem ini bersifat umum dan dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Proses gadai motor BPKB di Pegadaian juga cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Simak langkah-langkah menggadaikan BPKB sepeda motor di pegadaian berikut ini.

Bagaimana Cara dan Syarat Gadai BPKB di Pegadaian?

Lengkapi Persyaratannya

Pertama, anda bisa membawa persyaratan yang wajib, mulai dari KTP, KK, BPKB, STNK dan kendaraan yang akan dijamin.

Mengisi Formulir

Setelah sampai di lokasi, anda bisa mengisi formulir pinjaman kemudian mengisinya dengan lengkap lalu menyerahkannya kepada petugas beserta persyaratan yang kami sebutkan diatas.

Memperkirakan Nilai Kendaraan

Kemudian petugas akan memperkirakan nilai kendaraan dan hasil estimasi maksimal barang tersebut akan menjadi lembar pinjaman yang akan diserahkan kepada anda. Jika anda setuju, petugas akan segera memproses pengajuan pinjaman anda lebih lanjut.

Membuat Bukti Kredit

Setelah itu petugas juga akan membuatkan bukti kredit. Kemudian anda akan dipanggil lalu petugas akan menjelaskan tentang batas tempo kredit dan waktu penjaminan.

Pembayaran Biaya Administrasi

Terakhir, anda akan menandatangani SBK dan membayar biaya administrasi sekitar 10% dari plafon pinjaman. Biaya ini bisa anda bayar langsung atau memotong plafon pinjaman. Perlu anda ketahui juga bahwa BPKB, STNK dan kendaraan anda akan tetap berada di Pegadaian hingga masa kredit berlangsung.

Tips Aman Gadai Motor BPKB

Tentukan tujuan utama menggadaikan sepeda motor BPKB, jangan sampai uang hasil pinjaman anda gunakan untuk kegiatan konsumtif yang menyulitkan anda untuk membayar cicilan. Penuhi juga persyaratan administrasi asli, dan jangan memberikan informasi palsu kepada petugas.

Ketahui juga informasi produk pinjaman, usahakan memiliki suku bunga kurang dari 30% agar lebih mudah saat membayar cicilan. Pelajari kebijakan yang berlaku untuk mengetahui besaran denda dan sanksi jika anda terlambat melunasi cicilan.

Pastikan membayar cicilan tepat waktu agar tidak terkena sanksi atau denda. Itulah beberapa informasi lengkap tentang cara dan syarat gadai BPKB di Pegadaian. Mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda semua.