Asuransi Mobil Lecet

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Dengan Mudah Dan Cepat

 

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet – Mobil Lecet ada salah satu peristiwa yang sering dialami oleh beberapa pemilik kendaraan. Tanpa harus pusing dengan biaya perbaikan, Kamu bisa mengeklaim asuransi mobil Lecet dengan mudah. Lalu, gimana cara klaim asuransi mobil Lecet?

Dikutip dari laman sah Allianz, asuransi mobil adalah keinginan wajib untuk tiap pemilik kendaraan roda 4. Karena, dengan adanya asuransi, Kamu akan mendapat jaminan proteksi kendaraan, mendapat sebagian layanan tambahan, menciptakan rasa nyaman, sampai membantu Kamu dalam perencanaan finansial.

Jika mobil Kamu Lecet, maka Kamu dapat menggunakan tipe asuransi mobil All Risk. Tipe asuransi All Risk atau yang biasa diucap dengan istilah asuransi menyeluruh, adalah tipe asuransi yang memberikan proteksi secara penuh terhadap akibat yang menimpa kendaraan.

Diambil dari laman Lifepal, asuransi All Risk tidak akan memandang persentase kerusakan yang dialami oleh mobil, baik itu kehancuran kecil ataupun besar. Tidak hanya itu, asuransi tipe ini juga memberikan proteksi yang lebih global kepada mobil. Mulai dari mobil yang terkena bencana alam, mobil yang rusak akibat kerusuhan, sampai tanggung jawab pihak ketiga jika kecelakaan menyebabkan pengendara lain terluka.

 

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dengan Mudah

Seperti yang telah disebutkan di atas, bila mobil Lecet, maka Kamu bisa mengeklaim asuransi tipe All Risk. Berikut langkah- langkah yang perlu Kamu ikuti untuk dapat mengeklaim asuransi mobil Lecet :

 

1. Hubungi Pihak Asuransi

Langkah awal yang perlu Kamu jalani adalah menghubungi pihak asuransi mobil dan memberikan informasi kalau Kamu ingin mengeklaim asuransi. Kamu bisa menghubungi pihak asuransi lewat telepon ataupun email. Biasanya pihak asuransi akan membalas satu hari setelah Kamu mengajukan klaim.

2. Lampirkan Bukti Foto kendaraan

Setelah pihak asuransi mobil menjawab, maka Kamu bisa menyertakan foto kendaraan yang Lecet sebagai bukti yang dapat menunjukkan kerusakan. Bukti foto kendaraan ini akan bermanfaat untuk pihak asuransi untuk melakukan konfirmasi kerusakan.

3. Isi Formulir Pengajuan Klaim dan Lengkapi Ketentuan Klaim

Setelah melampirkan bukti, maka Kamu akan dimohon untuk mengisi suatu formulir pengajuan klaim. Formulir ini ialah bagian dari kelengkapan administrasi, maka dari itu pastikan Kamu mengisinya dengan cermat. Biasanya formulir itu berisikan pertanyaan mengenai perihal yang dialami oleh Kamu.

Ketika mengajukan klaim, maka Kamu juga wajib mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan sebagai pelengkap klaim. Umumnya dokumen persyaratan itu antara lain seperti formulir klaim, salinan polis asuransi, STNK, fotokopi SIM, serta dokumen pertanggungjawaban pihak ketiga jika terjadi kecelakaan.

4. Wawancara

Sebagai salah satu pendukung klaim, umumnya pihak asuransi akan melakukan tanya jawab untuk menemukan penjelasan yang jelas sesuai dengan kronologi peristiwa. Pastikan Kamu menjawabnya sesuai kenyataan yang terjadi di lapangan supaya tidak menyusahkan cara klaim nantinya.

5. Gunakan Jasa Bengkel Rekanan

Salah satu hal yang sering disepelekan oleh pengaju klaim adalah penentuan jasa bengkel. Kamu disarankan untuk memilah bengkel rekanan perusahaan asuransi untuk melaksanakan perbaikan. Karena, umumnya nasabah akan menyegerakan mobil Kamu untuk melaksanakan perbaikan di bengkel terdekat.

6. Selesai

Setelah melakukan semua tahap di atas, maka hal yang perlu Kamu lakukan adalah menunggu hasil dari asuransi. Karena pihak asuransi akan melakukan survey dan konfirmasi terlebih dulu sebelum menindaklanjuti jadwal perbaikan kendaraan. Setelah itu, Kamu akan diberikan Surat Perintah Kerja( SPK) sebagai surat pengantar buat melaksanakan perbaikan di bengkel.

 

PENUTUP

Seperti itu informasi seputar cara klaim asuransi mobil Lecet dengan mudah. Pastikan Kamu sudah melakukan tahap di atas dengan cermat dan betul. Karena jika cara klaim sukses, maka Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan buat Lecet pada mobil Kalian. Semoga bisa membantu dan bermanfaat buat kalian yaaa, TERIMA KASIH.