Polis Asuransi

Pengertian Polis Asuransi dan Cara Memilih Polis yang Tepat

 

Pengertian Polis Asuransi dan Cara Memilih – Asuransi ialah sebuah hal yang cukup kompleks, di mana kamu akan menginginkan pemahaman dan juga pertimbangan yang matang sebelum memakainya. Walaupun asuransi bukan lagi suatu hal yang terdengar asing pada pendengaran kita, tetapi pada kenyataannya sampai saat ini terdapat banyak sekali orang yang kurang menguasai seluk beluk dan berbagai hal mengenai asuransi.

Pengertian Polis Asuransi

Polis asuransi ialah sebuah bukti akad tertulis yang dilakukan oleh pihak industri asuransi( penjamin) dengan pelanggan konsumen layanan asuransi( tertanggung), yang isinya menjelaskan segala hak dan peranan antara kedua belah pihak itu. Polis asuransi akan jadi bukti tertulis yang legal dalam akad yang dilakukan oleh pihak penjamin serta pihak tertanggung.

Dengan adanya polis asuransi, maka kedua belah pihak yang melaksanakan akad asuransi itu akan terikat dan mempunyai masing- masing tanggung jawab begitu juga yang sudah disepakati sejak dini. Polis asuransi merupakan hal yang amat berarti di dalam layanan asuransi itu sendiri, karena polis akan mencegah tiap hak dan peranan nasabah dan pihak perusahaan asuransi.

Fungsi Polis Asuransi

Untuk kedua belah pihak antara tertanggung serta penjamin, polis asuransi mempunyai fungsi masing- masing, ialah:

1. Fungsi polis untuk pelanggan konsumen asuransi( tertanggung):

– Menjadi alat bukti tertulis atas jaminan penanggungan atas berbagai resiko dan penggantian kehilangan yang mungkin terjadi pada tertanggung, di mana kehilangan itu tertulis di dalam polis

– Menjadi bukti pembayaran premi yang diserahkan pada pihak industri asuransi selaku penanggung

– Menjadi bukti paling asli buat menuntut penanggung, jika sewaktu- waktu lupa ataupun tidak memenuhi jaminan yang jadi tanggungannya

2. Fungsi polis untuk industri asuransi( penjamin):

– Menjadi alat bukti ataupun tanda terima premi asuransi yang dibayarkan oleh pihak tertanggung

– Menjadi fakta tertulis atas jaminan yang diberikannya pada tertanggung untuk melunasi ganti rugi yang bisa jadi dialami oleh tertanggung

– Menjadi bukti paling asli untuk menyangkal tuntutan ganti rugi ataupun klaim yang diajukan oleh tertanggung, jika pemicu kerugian itu tidak memenuhi ketentuan polis yang dimiliki

Metode Memilih Polis Asuransi yang Tepat

Penting sekali buat membaca dan menguasai isi polis dengan benar, sebelum kamu membelinya. Berikut ini merupakan beberapa metode yang dapat kamu pikirkan dalam mendapatkan polis asuransi yang tepat:

1. Sesuaikan dengan Keinginan Anda

Terdapat banyak jenis layanan asuransi yang dikeluarkan oleh industri asuransi, hal ini pasti berbanding lurus dengan banyaknya polis yang mereka tawarkan. Sebagai calon pelanggan, maka akan sangat berarti bagi kamu untuk betul- betul menguasai jenis asuransi yang kamu butuhkan. Jangan membeli asuransi yang perlindungannya sama sekali tidak kamu butuhkan, tindakan ini hanya akan membuang- buang duit.

Ilustrasi: kamu sudah mempunyai sebuah asuransi kesehatan murni, tetapi karena terpikat dengan produk asuransi kesehatan unit link, maka kamu memakainya pula. Sedangkan kedua asuransi itu tidak membolehkan kamu melakukan double claim, maka pemakaian asuransi kesehatan unit link merupakan hal yang sia- sia saja. Bila kamu memang ingin berinvestasi, maka kamu bisa melakukannya dengan cara terpisah dari layanan asuransi( investasi asli).

2. Gunakan yang Menerima Double Claim

Ketika kamu memakai 2 layanan asuransi kesehatan sekaligus( misalnya satu sarana kantor dan yang yang lain dana individu), maka usahakan untuk memakai layanan asuransi kesehatan yang dapat double claim, di mana asuransi pribadi kamu itu dapat di klaim hanya dengan menggunakan duplikat kuitansi yang dikeluarkan oleh rumah sakit. Ini akan memberi kamu manfaat yang maksimal atas pemakaian asuransi itu.

3. Satu Polis untuk Satu Keluarga

Terdapat layanan asuransi yang membolehkan kamu menggunakan satu polis secara berbarengan dengan anggota keluarga yang lain. Ini jauh lebih hemat, di mana kamu hanya perlu membayar satu polis saja untuk seluruh anggota keluarga.

4. Pahami Syarat- Syarat yang Ditentukan

Terdapat banyak hal yang tertulis dalam polis asuransi, salah satu yang paling berarti untuk kamu cermati adalah mengenai ketentuan mengajukan klaim. Walaupun tiap industri mempunyai ketentuan yang berlainan, tetapi berikut ini adalah determinasi standar yang wajib kamu pahami sejak dini:

Sistem perhitungan premi yang diterapkan dan besaran premi yang wajib kamu bayarkan Jenis pertanggungan yang dapat diklaim, semacam: syarat rawat inap, opsi rumah sakit/ klinik, tipe layanan rumah sakit yang bisa diklaim( bayaran kamar, pelayanan dokter, obat- obatan, serta yang yang lain).

 

Itulah beberapa tulisan dari kami mengenai Pengertian Polis Asuransi dan Cara Memilih Polis yang Tepat, dan sekarang kalian sudah memahami apa itu polis semoga bisa berinvestasi di asuransi dengan mudah dan tetap hati-hati ya. Semoga Bermanfaat