perbedaan vps dan dedicated server

perbedaan vps dan dedicated server

Markasinfo.com – Sebernarnya, apa sih perbedaan vps dan dedicated server? Nah, mungkin, di antara Anda masih ada yang bertanya-tanya terkait hal tersebut. Dan biasanya, akan terjadi saat akan membeli web hosting. Ia kan? Selain bertanya terkait dengan perbedaan keduanya, Anda juga kerap bertanya-tanya, sebenarnya, manakah yang lebih baik? Gimana, penasaran kan? Agar mendapatkan penjelasan yang lebih kongkrit, simak penjelasannya di sini.

Perbedaan VPS dan dedicated server

Sebelum kita membahas seputar perbedaannya, alangkah baiknya kalau kita bahas pengertiannya dulu ya. Karena dengan mengetahui pengertian dari masing-masingnya akan mempermudah dalam proses membedakan keduanya.

Jadi, vps merupakan kepanjangan dari virtual private server.  Yakni, server yang  mempunyai beberapa server virtual. Server satu ini digunakan dengan pribadi, sementara keseluruhan dari resourcenya hanya dipakai satu pemakai saja. Kenapa disebut virtual? Hal ini karena server ini sifatnya maya, tidak ada bentuk fisiknya.  Sementara dedicated server ialah server, yang mana, mempunyai spesifikasi dan resource lebih besar.

Resource dan spesifikasi

Perbedaan vps dan dedicated server yang pertama adalah dari segi resource dan juga spesifikasinya. Nah, dedicated mempunyai resource dan spesifikasi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan vps. Hal ini karena Anda melakukan penyewaan terhadap semua server fisiknya untuk mendigitalisasi bisnis Anda. Anda juga mempunyai kebebasan dalam menggunakan servernya, sesuai dengan kebutuhan, keinginan, asal masih sesuai dengan kebijakan yang ada.

Harga

Perbedaan berikutnya dari segi harga. Di mana, harga vps sudah pasti lebih murah daripada dedicated server. Kenapa? Ya karena dari segi resolusi dan spesifikasinya saja sudah berbeda. Biasanya, semakin tinggi resource dan spesifikasinya, maka akan sangat berdampak pada harga yang ditawarkan. Bahkan, untuk harga dedicated server yang spesifikasi dan resourcenya paling rendah saja dibandrol dengan harga paling rendah 2 jutaan sebulannya. Bagaimana dengan yang spesifikasi dan resource yang tinggi ya?

Baca Juga :  Apa itu cloud dedicated server? Simak disini!!

Kebutuhan bisnis

Perbedaan vps dan dedicated server yang selanjutnya adalah dari segi kebutuhan bisnis. Keduanya sama-sama bisa dimanfaatkan dalam mengembangkan bisnis. Hanya saja, ada skala yang berbeda di dalamnya. Untuk vps, hanya bisa digunakan oleh pebisnis yang masih berada di skala menengah ke bawah. Sementara dedicated server sebaliknya.

Nah, situs-situs besar yang sudah dikenal tentu mempunyai trafik yang banyak. Contohnya adalah Shopee, Buka Lapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. Untuk menjaga performa dari website , maka pihak-pihak tersebut membutuhkan dedicated Server.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena biasanya, pengunjung website bisnis menengah ke bawah masih tidak begitu banyak. Berbeda halnya dengan website bisnis yang besar. Di mana, setiap harinya mempunyai pengunjung yang melimpah.

Kecepatan

Menariknya, keduanya juga mempunyai ukuran kecepatan yang berbeda. Jika menggunakan dedicated server, tentu kecepatan websitenya tingkat tinggi. Sementara vps mempunyai kecepatan yang standar.

Dalam menggambarkan perbedaan keduanya, banyak orang yang membuat analogi dengan sebuah gedung. Maka, gedung apartemen secara keseluruhan merupakan dedicated server, sementara vps hanya apartemennya saja. Menariknya, selain dua hal tersebut, ada layanan lain yang biasa Anda jumpai.

Namanya adalah shared hosting. Dan jika kita bandingkan, maka sudah pasti, share hosting ini posisinya ada di bawah vps. Karena kecepatannya akan tergantung dengan pengguna hosting yang lain. Sesuai dengan namanya, share.

Maka, jika saat ini pengunjung website Anda sudah mulai banyak, dan Anda ingin mengembangkan website bsnis Anda, tidak ada salahnya untuk memilih dedicated server. Semoga bermanfaat.