cara membuat website sendiri

Cara membuat website sendiri secara gratis

Markasinfo.com – Cara membuat website sendiri. Saat ini merupakan era nya digital, semua kegiatan, baik itu bisnis atau kegiatan lainnya hampir berbentuk digital atau ada ikut serta dalam digital.

Salah satunya yakni website, hampir segala usaha, kegiatan atau apapun itu mempunyai websitenya sendiri. Baik itu website sederhana maupun yang sudah kompleks dengan berbagai macam fitur.

Biasanya yang sudah mempunyai website membuatnya menggunakan jasa. Sedangkan jika menggunakan jasa ada biaya yang harus keluar dan tidaklah murah. Ada yang murah namun hasilnyapun tidak cukup memuaskan.

Biayanya pembuatan website tidaklah murah, jika Anda mempunyai dana lebih tidak masalah, jika tidak lalu bagaimana? sedangkan Anda membutuhkan sebuah website atau ingin mempunyai website sendiri.

Solusinya yakni membuat website sendiri. Ada banyak sekali platform yang menyediakan layanan gratis dan untuk menggunakan membuat websitepun cukup mudah.

Oleh karena itulah pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial cara membuat website sendiri tapi gratis. Tunggu apa lagi yuk simak selengkapnya.

Cara membuat website sendiri

Baik pertama yang harus Anda pahami saya akan memberikan tutorial membuat website namun dengan platform gratis. Walaupun ini gratis namun sudah cukup terlihat profesional dari segi website.

Platform gratis yang saya gunakan yakni WordPress. Dengan menggunakan wordpres Anda bisa membuat website gratis tanpa harus memikirkan biaya bulanan untuk server maupun domain.

WordPress sendiri sudah menyediakan server yang terbilang cukup, dan untuk domainnya nanti akan menggunakan subdomain wordpress yakni namawebsite.wordpress.com.

Tidak perlu berlama lama lagi, berikut ini cara membuat website sendiri tanpa perlu keahlian coding:

  1. Pertama-tama silahkan kunjung website resmi wordpress di http://wordpress.com/
  2. Setelah berhasil membuka wordpress, silahkan klik tombol “get started”
  3. Kemudian Anda akan teralihkan ke halaman lain dan isi kolom yang kosong sesuai dengan perintahnya. Mulai dari nama, tujuan, dan lain sebagainya
  4. Kemudian klik selanjutnya dan akan muncul form lagi, form tersebut isi dengan nama domain yang Anda inginkan dan pilihlah yang free
  5. Setelah itu akan ada opsi pilihan paket, silahkan pilih yang gratis
  6. Kemudian masukan informasi email Anda, email aktif ya, dan juga isikan usernamer serta password Anda, jika sudah klik selanjutnya
  7. Kemudian akan muncul sebuah halaman dan klik “view my site”
  8. Selesai

Cukup mudah bukan membuat website sendiri secara gratis tanpa keluar biaya sepersenpun. Jika Anda sudah bisa membuat website ini, maka Anda bisa mencoba berbagai macam fitur lainnya.

Silahkan coba-coba sendiri agar paham dan mengetahui fungsi dari setiap fitur yang ada. Walaupun gratis tapi jangan salah paham, wordpress merupakan platform nomor 1 yang paling banyak penggunanya sampai saat ini.

Jadi tidak kalah keren dari pada yang lainnya.

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi sedikit tutorial cara membuat website sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya. Walaupun fiturnya terbatas namun Anda sudah bisa membuat website sederhana sendiri.

Jika Anda ingin membuat website yang lebih terlihat profesional, Anda bisa menggunakan jasa layanan atau bisa mempelajarinya sendiri namun membutuhkan waktu untuk belajarnya.

Dari setiap website pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi yang berbayar bisa jadi lebih baik, bisa jadi kurang baik dari pada yang gratis.

Oleh karena itulah jangan malu ataupun minder, setidaknya Anda sudah mau mencoba untuk membuat website tanpa mengeluarkan uang sepersenpun.

Mungkin itu saja pembahasan pada artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah bermanfaat juga.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *