Mengenal Apa Itu Premi

Mengenal Apa Itu Premi dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi

 

Mengenal Apa Itu PremiPremi adalah iuran teratur baik bulanan ataupun tahunan yang wajib dibayar oleh peserta asuransi pada Perusahaan asuransi dalam jangka waktu yang sudah disetujui. Sedangkan untuk besaran Premi yang dibayarkan tercatat pada polis asuransi yang sudah diperoleh peserta dari Perusahaan.

Kemudian saat ini juga banyak beredar berbagai persepsi di masyarakat kalau untuk melunasi Premi maka wajib siapkan dana yang besar. Sementara itu sebenarnya kalian dapat memilih Premi yang sekiranya terjangkau. Sehingga nanti kalian bisa tentukan berapa Premi yang wajib dibayarkan sesuai dengan kemampuan yang dipunyai. Karena tiap orang tentunya mempunyai tanggungan yang berbeda- beda.

 

Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Premi

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besar atau rendahnya biaya Premi asurani ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pekerjaan Nasabah Asuransi

Hal ini dapat pengaruhi besaran Premi karena jika pekerjaan yang kalian lakukan tingkat kesulitannya lebih tinggi, pastinya jumlah Premi yang dibayarkan akan semakin mahal juga. Contoh saja jika dibanding nasabah asuransi yang bekerja sebagai karyawan swasta di kota dengan nasabah asuransi peneliti minyak bumi di laut. Kira- kira menurut kalian manakah yang lebih berat?

Pastinya peneliti minyak bumi mempunyai pekerjaan yang lebih berat. Karena resiko yang akan ditanggungnya begitu besar dibanding karyawan swasta yang di kantor. Inilah dasar yang membutuhkan besaran Premi yang tidak sedikit.

2. Riwayat Penyakit Nasabah

Tiap pelanggan pasti mempunyai riwayat penyakit yang berbeda- beda, ada yang parah, kronis, ringan, hingga berat. Oleh sebab itu sebelum memasukkan ke asuransi, pastikan kalian sudah tahu riwayat penyakit apa saja yang diderita. Sehingga nantinya pihak asuransi bisa memberikan besaran Premi yang wajib kalian bayarkan. Khusus untuk pelanggan yang memiliki penyakit turunan, resiko jumlah Premi asuransinya tentu lebih besar dari yang tidak memiliki riwayat penyakit.

Hal ini diakibatkan karena adanya keinginan calon pelanggan untuk memenuhi perawatan teratur sesuai anjuran dari dokter. Apabila kalian memang salah satu orang dengan riwayat penyakit keturunan, maka pastikan lakukan dialog dulu agar amanah Premi yang diberikan tidak terlalu besar. Sehingga tidak memberatkan kalian nantinya.

3. Pola Hidup Nasabah

Kebiasaan teratur kalian sehari- hari juga bisa memastikan kesehatan kalian. Apalagi jika diremehkan, maka bisa saja kalian sudah menderita suatu penyakit tanpa disadari. Salah satu kebiasaan yang mungkin sangat menonjol ialah merokok.

Merokok mungkin sudah jadi kebiasaan orang Indonesia baik laki- laki ataupun perempuan. Mereka tidak peduli lagi akan seperti apa kesehatannya di masa depan. Karena jika tidak segera membatasi diri, maka bisa saja mengusik kesehatan jasmani kalian.

Tidak hanya itu, Kerutinan merokok juga akan pengaruhi besaran Premi asuransi kalian yang harus dibayarkan pada Perusahaan asuransi. Karena merokok dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit yang bisa menimbulkan kematian seperti jantung, hipertensi, darah tinggi, dan serupanya. Sehingga ini akan memperbesar biaya Premi kalian.

4. Jangka Waktu

Jangka waktu yang kalian pilih akan memastikan besaran Premi yang dibayarkan. Oleh karena itu, pilihlah jangka durasi pembayaran yang memang kira- kira cocok dengan keinginan. Contoh asuransi Premi 20 tahun lebih tinggi dibanding asuransi Premi 10 tahun.

Jadi, kalian wajib benar- benar memikirkannya secara matang agar tidak mengalami permasalahan saat pembayaran Premi. Karena jika kalian tidak bisa membayarkan Premi dalam jangka waktu yang ditentukan, maka pihak asuransi akan memberikan kalian surat tagihan.

5. Usia

Pastinya usia juga turut pengaruhi besar- kecilnya Premi kalian. Semakin muda umur kalian saat ini maka Premi yang dibayarkan juga akan sangat terjangkau. Oleh karena itu, tidak salahnya jika kalian sudah mengawali untuk mempunyai asuransi Premi sejak usia muda.

6. Jumlah Pertanggungan

Tidak hanya umur saja yang wajib dipikirkan, maka jumlah pertanggungan yang dimiliki ikut pengaruhi asuransi kalian. Apabila jumlah pertanggungan besar maka akan lebih besar juga Premi yang dibayarkan. Terlebih bila kalian sudah berkeluarga dan mempunyai anak.

 

Penutup

Seperti itu uraian lengkap mengenai Premi dan faktor- faktor yang mempengaruhi besar- kecilnya besaran Premi yang wajib kalian bayarkan pada Perusahaan asuransi itu. Oleh karena, sebaiknya kalian juga wajib lebih bijak dalam mengelolanya sehingga Premi tidak akan terlambat untuk dibayarkan dan menghindari adanya gugatan dari pihak asuransi. Semoga Bisa Bermanfaat