Syarat Daftar BPJS Kesehatan

Berikut adalah Syarat Daftar BPJS Kesehatan Terbaru 2021

Markasinfo.com – Syarat Daftar BPJS Kesehatan. Saat ini, membuat BPJS kesehatan bukanlah perkara yang sulit. Karena hanya ada beberapa rangkaian prosedur yang harus kamu lakukan. Hanya saja, sebelum benar-benar mengajukan pembuatan BPJS kesehatan, kamu harus memenuhi syarat dafta BPJS keseharannya terlebih dahulu. Karena jika syaratnya tidak terpenuhi dengan sempurna, bisa dipastikan bahwa pegajuan kamu akan ditolak oleh petugas.

Syarat pendaftaran BPJS Kesehatan

Hingga kini, masih banyak sekali masyarakat yang tidak tahu syarat apa saja yang harus dipenuhi ketika akan mendaftar BPJS kesehatan. Bahkan, tidak sedikit yang meski bolak-balik ke kantor BPJS hanya karena masalah administrasi. Maka, agar kamu tidak sampai bolak-balik, pastikan bahwa seluruh syarat daftar BPJS kesehatan kamu sudah sesuai dengan yang diminta.

Persyaratannya ada apa saja?

Pertama, ada fotocopy KK atau kartu keluarga.

Kedua, Fotocopy KTP ataupun passpor, jumlahnya cukup 1 saja.

Ketiga, fotocopy buku tabungan. Buku tabungannya harus menggunakan nama salah satu anggota keluarga ya.

Dan yang terakhir ada pas foto. Ukurannya adalah 3×4, satu lembar.

Data yang diminta oleh petugas memang fotocopy-an, namun tetap siapkan berkas-berkas aslinya ya. seperti KK, KTP, hingga buku tabungan. Karena kadang, ada petugas yang bertanya berkas aslinya. Ya untuk antisipasi saja.

Nah, sebelum menyerahkan seluruh syarat daftar BPJS kesehatan, ada baiknya jika kamu sudah mempunyai gambaran kira-kira akan memilih kelas BPJS yang mana. Bahkan, iuran pertama juga akan langsung kamu bayarkan begitu proses pembuatan selesai.

Sebagai gambaran saja, ada tiga kelas yang dapat kamu pilih.

  1. Kelas 1

Untuk kelas satu, iuran yang harus kamu bayarkan setiap bulannya adalah Rp. 80.000. Dan merupakan kelas dengan bayaran paling mahal.

  1. Kelas 2

Kelas dua adalah tingkatan menengah. Dengan biaya Rp. 51.000 per bulannya.

  1. Kelas 3

Biaya iuran yang meski kamu bayar jika mengambil kelas 3 adala Rp. 25.000 setiap bulan.

Dan perlu kamu ketahui, bahwasanya, angka tersebut sewaktu-waktu bisa saja meningkat.

Apabila seluruh syarat daftar BPJS kesehatannya lengkap, kamu bisa memilih prosedur pembuatannya. Apakah akan melakukan pembuatan online ataupun offline.

Cara membuat BPJS Kesehatan dengan Offline

Jika ingin membuat kartu BPJSkesehatan offline, maka kamu bisa langsung berangkat saja ke kantor BPJS terdekat. Untuk langkah-langkah yang bisa kamu tempuh juga sangat mudah.

  • Mengisi formulir pembuatan

Begitu sampai di kantor BPJS, biasanya akan ada petugas yang memberikan formulir pendaftaran. Kamu bisa mengisi formulir tersebut, kemudian melampirkan seluruh syarat daftar BPJS kesehatannya.  Sebelum menyerahkan semua persyaratan kepada petugas, pastikan dulu semua data yang tercatat sudah benar. Karena jika sampai ada yang salah, bisa saja berpengaruh terhadap penggunannya ke depan. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi.

  • Nomor virtual

Begitu selesai mengisi formulir, kamu akan diberikan nomor virtual account bank, yang akan digunakan untuk proses pembayaran iurannya, sesuai dengan kelas yang kamu pilih. Adapun bank-bank yang sudah bekerjasama ada Mandiri, BRI, dan juga BNI.

  • Setelah melakukan pembayaran, simpan struknya.
  • Balik lagi ke Kantor

Begitu sampai di kantor, kamu bisa menyerahkan bukti pembayarannya kepada petugas. Dan tunggu beberapa saat hingga kartunya dicetak.

Menurut saya, pembuatan kartu BPJS offline lebih menguntungkan disbanding pembuatan online. Karena jika offline, kamu bisa bertanya kepada petugas tentang hal-hal yang berkaiitan dengan BPJS.

Sekian. Semoga bermanfaat.