cara riset keyword google

Cara riset keyword google lengkap terbaru 2021!

Markasinfo.com – Cara riset keyword google. Dalam dunia internet marketing atau perbloggingan, riset kyword merupakan hal yang sangat penting dan wajib melakukannya. Jika tidak maka kita tidak bisa menargetkan kata kunci yang ingin tertarget.

Namun untuk melakukan riset kata kunci tidak sembarangan dan tidak mudah melakukannya. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Terutama untuk penggunaan toolsnya.

Tetapi perlu saya garis bawahi bahwasannya tidak ada tools yang memberikan nilai atau data yang akurat. Pada dasarnya tools hanya sebuah alat bantu untuk mempermudah pekerjaan.

Lalu pertanyaannya bagaimana cara melakukan riset keyword untuk pencarian Google yang tepat. Berikut ini pembahasan lengkapnya, yuk simak terus!

Cara riset keyword google

Sebelum Anda melakukan riset kata kunci google, ada hal yang perlu Anda siapkan yakni Anda harus menentukan satu kata kunci atau topik apa yang akan Anda riset.

Misalkan saya memberikan contoh ingin melakukan riset dengan tema teknologi, lalu saya memiliki kata kunci dasar yakni mengenai smartphone terbaru.

Smartphone terbaru inilah yang nantinya akan kita riset lebih dalam lagi, mulai dari hasil pencarian, cpc, keyword turunan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu sekarang tugas Anda menentukan satu kata kunci terlebih dahulu. Kemudian setelah itu baru ikuti kembali tutorialnya.

Baik, pertama hal yang harus Anda lakukan yakni melakukan riset hasil pencarian perbulan, persaingan dan lain sebagainya. Caranya disini kita menggunakan bantuan tools yang bernama ubersuggest.

Untuk lebih lengkapnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama buka terlebih dahulu website ubersuggest yang beralamat di https://neilpatel.com/ubersuggest/
  2. Setelah berhasil membuka website tersebut, selanjutnya masukan kata kunci yang sudah Anda tentukan tadi pada awal artikel, saya menggunakan kata kunci smartphone terbaru, maka saya memasukan kata kunci “smartphone terbaru” pada kolom yang sudah ada
  3. Lalu selanjutnya pilih negara Indonesia jika anda menargetkan negara Indonesia, jika tidak bisa menyesuaikan negara yang ingin Anda target
  4. Kemudian tekan tombol search dan tunggu beberapa saat sampai tools tersebut selesai menganilisa kata kunci yang sudah dimasukan
  5. Jika sudah maka akan muncul berbagai macam data
  6. Catat semua data yang ada baik itu hasil pencarian, persaingan dan lain sebagainya
  7. Setelah itu tekan menu pada bagian kiri (tampilan dekstop) yang bertuliskan “keyword ideas”
  8. Lalu akan muncul berbagai macam ide keyword lainnya
  9. Kemudian catat kembali kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda masukan
  10. Selesai

Setelah Anda berhasil mengumpulkan berbagai macam data riset melalui ubbersuggest, Anda bisa mengolah data data tersebut dan amati terlebih dahulu.

Jika sudah Anda bisa membuat artikel atau konten dengan acuan data yang sudah Anda riset, mulai dari kata kunci turunan dan lain sebagainya.

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi cara melakukan riset keyword google yang tepat dan benar. Dari cara tersebut, Anda akan menemukan berbagai macam data yang sudah saya singgung tadi bahwasannya data tersebut belum tentu 100% akurat.

Karena itu hanya sebatas data, namun walaupun begitu, data tersebut bisa sangat membantu dalam pembuatan konten artikel nantinya. Baik itu konten untuk marketing atau konten artikel untuk blog.

Dengan melakukan riset, Anda sudah mempermudah pekerjaan Anda sewaktu ingin menulis konten. Karena ketika kita melakukan riset terlebih dahulu. Kita akan mempunyai berbagai macam referensi dan juga data.

Mungkin cukup segitu, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya yang tidak kalah bermanfaat juga dengan artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *